php hit counter
Water Car-Mobile Masa Depan Yang Dapat Berjalan di Air dan Darat | image of google
Water Car-Mobile Masa Depan Yang Dapat Berjalan di Air dan Darat | image of google

Mungkin Anda pernah membayangkan untuk memiliki sebuah mobil yang lincah di jalam dan cepat pula di air, tapi apa mungkin ada mobil yang bisa berjalan di atas air? Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat ini semua hal bisa kita wujudkan, benar bukan? Salah satu perusahaan mobil di California sudah menciptakan suatu penemuan baru yang mengubah pandangan dunia otomotif. Mereka menciptakan Panther sebuah mobil yang lincah di jalan raya, tapi Ia juga sangat cepat di air, benarkah begitu?

Sejarah Water Carwater car

Penemuan water car atau yang biasa disebut mobil amphibi ini sebenarnya bukan hal yang baru pada dunia otomotif. Pada era tahun 1961 ada sebuah perusahaan mobil yang berhasil menciptakan sebuah mobil amphibi yang bisa digunakan untuk perjalanan darat dan laut. Mobil tersebut bernamaamphicar yang berasal dari perusahaan Jerman, tapi tahukah Anda ternyata mobil ini pada tahun tersebut sukses dan laku dipasaran, dan menurut data menyebutkan amphicar ini berhasil terjual sekitar 3.872 unit.

[the_ad id=”1385″]

Mobil seperti amphicar ini memang unik dan mampu menarik perhatikan para penggemar otmotif, namun mobil amphibi ini memiliki banyak kekurangan sehingga pada tahun 1999 seorang yang bernama Dave March berencana membuat mobil air yang lebih cepat dan lincah. Ia melakukan beberapa pengembangan demi pengembangan selama 11 tahun lamanya, hingga pada tahun 2010 Ia berhasil menciptakan suatu penemuan baru yang diberi nama phyton.

Pengembangan Phyton sang Water Car

python water carPhyton sang water car ini adalah sebuah mobil amphibi tercepat di dunia. Mungkin Anda bertanya seberapa cepatkah mobil ini? Mobil ini mampu melaju di atas air dengan kecepatan 100 Km/h, tapi tahukah Anda yang lebih mengesankan lagi dari mobil ini adalah saat Ia melaju di darat. Setelah dilakukan uji coba ternyata mobil air ini mampu melaju dengan kecepatan 200 Km/h dalam waktu akseslerasi selama 4 detik, hebat bukan? Maka tidak heran pada saat ini gueness world record menghadiahkan Phyton sebagai mobil air tercepat di dunia.

Nah adapun Phyton ini memiliki spesifikasi seperti berikut:

  1. Memiliki kapasitas penumpang sebanyak 5 orang
  2. Mobil ini menggunakan mesin belakang yang bernama Corvette LS1-LS9
  3. Menggunakan sistem transmisi dengan 4 percepatan standar
  4. Water car ini dapat melaju kencang karena Ia menggunakan mesin Jet
  5. Untuk masalah pengereman mobil ini menggunakan rem cakram untuk keempat rodanya
  6. Untuk masalah kemudi mobil ini juga menggunakan power stearing jadi sangat dikemudikan
  7. Mobil ini juga menggunakn wheel retrack dengan sistem pneumatic
  8. Untuk baham bakar Ia menggunakan BBM yang memiliki oktan 91 injection
  9. Mobil ini menggunakan Closed Cooling System
  10. Memiliki 2 pintu
  11. Mobil ini dapat melaju di air dengan kecepatan 100 Km/h
  12. Untuk di darat mobil ini mampu melaju dengan kecepatan 200 Km/h
BacaAku:   Perjalanan Sejarah Data Center, Mulai Dari Disket Hingga Google Drive

Walaupun mobil ini memiliki berat lebih dari 1 ton namun dengan body yang terbuat dari hull atau sekam membuat mobil tangguh ini mampu mengapung dan melaju cepat di atas air. Tetapi dengan penemuan mobil air yang secanggih ini masih membuat Dave March masih risau dan ingin membuat sebuah mobil air yang ramah dan bisa dinikmati oleh semua orang. Hingga Ia pun membuat Phyton generasi kedua yang diberi nama Panther.

Pengembangan Panther

phanter water carPhanter adalah sebuah mobil air yang menggunakan konsep mobil jeep yang lebih simpel dan kecil, jika dibandingan dengan generasi pertama mobil ini sangat jauh berbeda untuk masalah ukuran. Tetapi untuk masalah mesin dan yang lainnya mobil ini tidak kalah dengan Phyton. Mobil ini dijual dengan harga USD 135.000 per unitnya dan sudah dibeli oleh beberapa jutawan dunia seperti pangeran Dubai, Taipan dariSilicon Valley, dan beberapa jutawan lainnya.

Nah adapun spesifikasi dari water car ini adalah:

  1. Menggunakan mesin Honda V6 V-Tec
  2. Memiliki kemampuan 250 Horse Power
  3. Menggunakan mesin dengan sistem 24 Valve SOHC
  4. Menggunakan sistem Variable Valve Timing & Lift Electronic Control
  5. Menggunakan sistem transmisi 4 percepatan
  6. Menggunakan sistem Real Wheel Drive
  7. Mampu berjalan di atas dengan kecepatan 45 Km/h
  8. Dan mampu melaju di darat dengan kecepatan 80 Km/h
  9. Mobil ini mamenggunakan chasis yang terbuat dari Fiberglass hull with epoxy-coated tubular chromoly steel frame.
  10. Memiliki kapasitas 4 penumpang 

Mobil Panter sang water car muda ini sangat cocok digunakan untuk bersantai bersama keluarga, saudara, dan teman-teman. Lalu bagimana Anda pilih Phyton atau Panther sebagai mobil air Anda? Pilihan ada pada tangan Anda, tapi yang jelas baik Phyton maupun Panther keduannya adalah penemuan yang sangat hebat di dunia otomotif.

Water Car-Mobile Masa Depan Yang Dapat Berjalan di Air dan Darat
Tagged on:         
Pilih Kategori