php hit counter

Twitter-Image-Description-2

Selama ini, Twitter dikenal sebagai sebuah media sosial yang simpel. Hal itu ditunjukkan dengan pembatasan 140 karakter dalam sebuah tweet. Namun sepertinya hal tersebut justru membuat mereka kesulitan untuk mendapat banyak pengguna-pengguna baru.

BacaAku:   Pernahkah Kalian Berfikir Siapakah Kita di Deretan Para Planet ? Ini Dia Penjelasannya

Untuk mengatasi masalah tersebut, Twitter pun mulai meniru apa yang dilakukan media sosial terbesar di dunia, Facebook, dalam banyak hal. Setelah sebelumnya meniru sistem algoritma Facebook untuk linimasa mereka, Twitter pun menambahkan fitur untuk menambahkan deskripsi gambar untuk aplikasi iOS dan Android, kemarin (29/3).

Hanya bisa digunakan di aplikasi mobile

Langkah

Langkah-langkah membuat deskripsi gambar: Ubah pengaturan Compose image descriptions (kiri), klik Add Description saat mengunggah gambar (tengah), dan masukkan deskripsi gambar kamu (kanan)

Dengan fitur ini, pengguna bisa menambahkan 420 karakter tambahan di setiap gambar yang mereka unggah di Twitter. Untuk mengaktifkannya, kamu perlu melakukan update aplikasi Twitter di smartphone kamu terlebih dahulu.

Setelah melakukan update, kamu harus membuka pengaturan Accessibility di aplikasi tersebut, dan mengaktifkan pilihan Compose Image Descriptions. Setelah itu, setiap kali kamu mengunggah gambar di Twitter, akan muncul tombol “Add description” di gambar tersebut.

Sayangnya, kamu hanya bisa menambahkan deskripsi gambar lewat aplikasi mobile saja. Jika kamu membuka Twitter lewat browser atau aplikasi lain, kamu hanya bisa membaca deskripsi gambar yang dibuat oleh pengguna lain. Fitur ini juga tidak bisa digunakan ketika mengunggah file GIF dan video.

Membantu pengguna dengan keterbatasan fisik

Braille

Twitter mengatakan kalau sebenarnya mereka membuat fitur ini demi para pengguna yang tidak bisa melihat. Pengguna dengan keterbatasan seperti itu sekarang masih bisa menikmati tweet yang berupa teks dengan teknologi yang bisa “membacakan” tweettersebut kepada mereka, atau yang mengubah tweet menjadi huruf braille.

Namun mereka kini mengalami kesulitan untuk menikmati tweet yang berisi gambar. Dengan adanya deskripsi dari setiap gambar, para pengguna tunanetra bisa ikut menikmati setiap gambar yang diunggah di Twitter.

BacaAku:   Chromebook Buatan HP di Desain Elegant dan Powerful

Selain mempunyai fungsi sosial, fitur ini juga bisa bermanfaat bagi para pemasang iklan yang kini punya keleluasaan untuk menjelaskan gambar yang mereka unggah. Deskripsi dalam gambar pun bisa mempermudah mesin pencari untuk menemukan gambar-gambar di Twitter.


Dari hari ke hari, Twitter seperti berusaha keras untuk menambah atau mengubah layanan mereka untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Semoga hal tersebut tidak membuat Twitter kemudian kehilangan jati dirinya, sehingga malah ditinggalkan mereka yang sudah menjadi pengguna setianya.

Twiter, Meniru Fitur Facebook Untuk Mendeskripsikan Gambar?
Tagged on:         
Pilih Kategori