php hit counter
Tips Menciptakan Keseimbangan Antara Hidup dan Karir Anda | image of google
Tips Menciptakan Keseimbangan Antara Hidup dan Karir Anda | image of google

Dalam hidup yang serba cepat dan banyak tuntutan ini memang seringkali membuat kita kehilangan waktu-waktu tertentu yang penting. Dengan memfokuskan diri pada satu bidang atau aktivitas menjadikan kita kehilangan waktu lain yang juga penting. Seperti contoh kita memfokuskan diri pada waktu bekerja, maka tak jarang kita kemudian kehilangan waktu berkumpul bersama keluarga dan waktu beribadah.

Atau sebaliknya kita terlalu banyak waktu bersantai maka kita kehilangan waktu untuk bekerja. Akibat dari hal ini maka keseimbangan hidup kita pun jadi terganggu. Maka dari itu menghindari keadaan ini Anda memang harus manajemen sekaligus mengakali waktu. Dan inilah beberapa kiat untuk mengakali waktu tersebut agar hidup bisa lebih seimbang.

1. Memiliki Daftar Hal-hal yang Harus Dilakukan

Kiat pertama mengakali waktu untuk bisa ciptakan keseimbangan hidup adalah dengan menuliskan daftar hal-hal yang perlu dikerjakan. Ya, dengan mendaftar seluruh kegiatan yang ada, maka Anda akan dipaksa untuk menjalankan seluruh kegiatan yang Anda tulis dengan baik. Namun jangan hanya menuliskan daftar kegiatan saja, tapi bila perlu tuliskan juga waktu mulai dan penyelesaian kegiatan tersebut.

Dengan adanya tambahan daftar waktu ini maka Anda juga akan dipaksa untuk berdisiplin dan tidak berlebih-lebihan untuk melakukan satu jenis kegiatan. Tulis dan daftarlah seluruh kegiatan Anda sehari-hari dan lakukan dengan rutin bila Anda ingin mendapatkan manfaat maksimalnya.

2. Kenali dan Fokus Pada Prioritas

Dalam menjalankan daftar atau list kegiatan yang telah Anda tulis tadi bisa jadi Anda akan mendapatkan gangguan yang datang dari luar diri Anda. Hal-hal seperti ajakan hangout dari kawan, undangan pernikahan dan lain-lain bisa jadi akan membuat beberapa kegiatan Anda dalam daftar terancam batal.

BacaAku:   Inspirasi dan Motivasi Bisnis Ala Bob Sadino

Namun Anda memiliki solusi dalam hal ini yaitu dengan melakukan prioritas pada kegiatan yang dianggap paling penting. Nah dari sekian ajakan yang datang dari luar tadi pilihlah kegiatan yang memang penting dan prioritas. Dari sini maka daripada hangout yang dirasa tidak terlalu penting maka Anda bisa tetap mengerjakan list kegiatan Anda sendiri.

3. Berani Berkata TIDAK

Terkadang kita sering tidak bisa menolak ajakan dari teman tadi. Maka sebagai orang yang ingin produktif dan tetap memiliki pola hidup yang seimbang maka Anda memang mau tak mau harus berani berkata tidak pada ajakan yang tidak penting tersebut. Bilang saja bahwa Anda sedang banyak kesibukan lain yang harus dikerjakan. Dan katakan juga bahwa Anda akan ikut ajakanya di lain waktu saat sudah tidak ada lagi kegiatan atau ketika banyak waktu luang.

4. Temukan Momentum Keseimbangan Hidup

Ya, kualitas sebuah aktivitas memang sangat penting. Semakin berkualitas aktivitas yang Anda kerjakan meski dilakukan dengan waktu yang sebentar maka hal ini sangat baik. Maka dari itu momentum adalah hal yang perlu Anda cari dan Anda dapatkan untuk setiap aktivitas yang Anda tulis dan akan Anda jalankan. Pastikan bahwa waktu yang Anda tulis dan akan Anda lakukan adalah waktu yang tepat, supaya apa yang telah Anda kerjakan tak sia-sia begitu saja.

5. Jangan Menunda Pekerjaan atau Aktivitas

Ya, Anda harus berdisiplin dengan diri Anda dan apa yang sedang Anda rencanakan. Saat waktunya sudah tiba jangan sekali-kali mencoba untuk menundanya. Sebab jika Anda coba-coba menundanya maka akibatnya akan fatal. Sebab seluruh daftar kegiatan yang Anda tulis bisa jadi akan hancur berantakan. Dan bila daftar aktivitas Anda sudah hancur berantakan maka keseimbangan hidup Anda juga akan kacau dan berantakan.

BacaAku:   Strategi Menjadi Digital Marketers Sukses

6. Ikat dengan Niat dan Komitmen yang Kuat

Terakhir, kiat untuk mengakali waktu supaya tercipta keseimbangan hidup adalah dengan mengikatnya dengan niat dan komitmen yang kuat. Ya, semuanya memang akan berjalan efektif dan efisien sesuai dengan apa yang Anda inginkan bila Anda mau berkomitmen untuk menjalankannya.

Bila Anda tidak memiliki niat yang serius dan melakukan hal-hal di atas atas dasar ikut-ikutan maka akan sulit untuk Anda mencapai komitmen. Maka dari itu setiap apa yang akan Anda lakukan untuk mencapai keseimbangan hidup ini lakukan dengan landasan niat dan komitmen yang kuat.

[the_ad id=”1387″]

Tips Menciptakan Keseimbangan Antara Hidup dan Karir Anda
Pilih Kategori