php hit counter
Nasa Mengirimkan Fungi ke Luar Angkasa Untuk Memperlajari Pengembangan Obat / Image of Slashgear
Nasa Mengirimkan Fungi ke Luar Angkasa Untuk Memperlajari Pengembangan Obat / Image of Slashgear

BacaAku.com-Sebuah tim peneliti dari NASA dan University of Southern California akan menjadi yang pertama di dunia mengirim jamur ke ruang angkasa dengan tujuan pengembangan obat-obatan medis. Jamur, yang dikenal untuk menghasilkan molekul yang disebut metabolit sekunder, akan mencari tumpangan ke Stasiun Antariksa Internasional dengan roket SpaceX dijadwalkan untuk memulai pada 8 April. Metabolit sekunder dapat digunakan untuk membuat obat yang bermanfaat bagi manusia, seperti penisilin antibiotik.

Jadi, Mengapa para ilmuan perlu menghasilkan obat untuk manusia di ruang angkasa ketika mereka hanya bisa membawa jamur itu pada keberangkatannya saja ? Tujuan dari misi ini adalah untuk misi masa depan sama seperti halnya misi di mars. Tidak semua obat dapat bertahan dalam jangka waktu tertentu. Sehingga kemampuan dalam membuat obat di luar angkasa akan memungkinkan kita untuk pergi jauh dari bumi dan juga mendapatkan keuntungan eksplorasi ruang angkasa di masa depan. Kata USC professor Clay Wang seperti yang di kutip di artikel slashgear.

Metabolit sekunder hanya dihasilkan ketika jamur dalam kondisi stres, dan para ilmuwan percaya bahwa lingkungan ruang angkasa mampu menyediakan lebih dari beberapa stres. Hingga 40 obat yang berbeda bisa datang dari jamur yang dikirim NASA, yang disebut Aspergillus nidulans , yang telah banyak digunakan sebelumnya dalam penelitian farmasi.

Sementara dalam perjalanan ke ISS, jamur akan disimpan pada suhu 39,2 derajat Fahrenheit, dan setelah itu tiba akan disimpan selama tujuh hari di 98,6 derajat Fahrenheit. Di antara obat yang telah dihasilkan sebelumnya dari nidulans Aspergillus termasuk yang digunakan untuk mengobati osteoporosis.Jika ini juga dapat dilakukan di ruang angkasa, itu bisa sangat bermanfaat ketika astronot kehilangan massa tulang saat misi jangka panjang jauh dari Bumi.

BacaAku:   Seperti Apa Sih Sony Xperia C6

Sampel dari percobaan akan kembali ke Wang dan peneliti USC pada bulan Mei, ketika mereka akan dapat melihat apakah molekul terkait obat dapat berhasil diproduksi dalam ruang.

Source: University of Southern California

 

Nasa Mengirimkan Jamur ke Luar Angkasa Untuk Memperlajari Pengembangan Obat
Pilih Kategori