php hit counter
resep-batu-bertuah-isaac-newton-terungkap-YPjcVbFnoP
Rahasia “Batu Bertuah” Isaac Newton Akhirnya Terungkap

Harry Potter bukan satu-satunya orang yang memiliki batu bertuah. Naskah Isaac Newtoon yang ditulis menggunakan tangan belum lama ini menunjukkan catatan tentang prosedur membuah “sophick mercury” atau sebuah zat yang terlihat sebagai bagian penting untuk batu bertuah, sebuah batu yang digunakan dalam kimia.

Berdasarkan laporan Fox13 Now, Jumat (8/4/2016), prosedur itu merupakan buah pikiran ahli alkimia George Starkey pada abad 17 pertengahan. Selama ini, dokumen berada di tangan seseorang selama abad ke-20. Chemical Heritage Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Philadelphia, membeli dokumen abad ke-17 itu melalui lelang pada Februari.

“Arti penting dari naskah adalah bahwa ia membantu kami memahami bacaan alkimia Newton, terutama dari penulis favoritnya, dan memberi kita bukti satu prosedur laboratorium,” kata James Voelkel, kurator buku langka di Chemical Heritage Foundation Othmer Perpustakaan Sejarah Kimia.

Newton, yang menetapkan hukum gravitasi universal dan dianggap sebagai bapak ilmu fisika, juga mempelajari kimia secara ekstensif. Diperkirakan bahwa ia menulis 1 juta kata dalam catatan alkimia selama hidupnya.

Ahli alkimia, yang juga dikenal sebagai chymistry, ini adalah pendahulu kimia yang berusaha untuk mengonversi logam dasar menjadi emas. Alkemis percaya menambahkan bahan dasar cair, seperti timah, untuk batu bertuah kecil akan mengubah materi menjadi elemen yang sama sekali berbeda. Ia akan mengubah lilin zat merah menjadi logam mulia, seperti emas.

Kita tidak bisa mengatakan percobaan Newton dalam alkimia mempengaruhi teori gravitasinya. Tapi dia jelas mendekati alkimia dan fisika dengan cara yang sama.

Rahasia “Batu Bertuah” Isaac Newton Akhirnya Terungkap
Pilih Kategori