php hit counter
Pernahkah Kalian Berfikir Siapakah Kita di Deretan Para Planet ? Ini Dia Penjelasannya
Pernahkah Kalian Berfikir Siapakah Kita di Deretan Para Planet ? Ini Dia Penjelasannya/ Original Source : SooperBoy

Berbangga hati bukan berarti Anda kemudian harus melupa lantas sombong dan tinggi hati dengan apa yang telah Anda miliki dan raih sekarang ini. Pada era yang serba cepat dan maju seperti sekarang terkadang banyak orang yang kemudian terlalu keasyikkan melihat “keatas” sehingga lupa melihat ke bawah tempat dimana ia hidup dan menginjakkan kaki.

Bukan bermaksud untuk menggurui Anda, namun ada saatnya sebagai manusia kita harus berhenti sejenak dan merenungkan kembali dari mana Anda berasal dan menyadari siapa Anda. Dan beberapa gambar berikut mungkin akan membuat Anda sadar mengenai keberadaan diri Anda, siapakah Anda sebenarnya, apakah Anda benar-benar berkuasa? Mungkin Anda merasa tak berarti setelah melihat gambar yang menakjubkan yang dilansir dari Just Something.

Ini adalah tempat dimana Anda tinggal, planet biru atau Bumi.

Ini adalah tata surya, ‘tetangga’ Anda (Earth).

Ini adalah jarak antara Bumi dan Bulan. Apakah Anda berpikir bulan itu jauh?

Inilah kira-kira jadinya jika semua planet dikumpulkan mulai dari yang paling besar hingga kecil yang menjadi jarak antara bumi dan bulan.

Jika Anda masih belum bisa membayangkan seberapa kecil ukuran bumi, ini adalah pulau Amerika Utara dibandingkan dengan Jupiter.

Bumi tidak ada apa-apanya dengan lebar cincin Saturnus, karena perlu 6 bumi untuk dapat menyamai lebar cincinnya saja.

Dan ini adalah bagaimana langit kita akan terlihat jika Bumi memiliki cincin seperti Saturnus.

Ini adalah komet, dibandingkan dengan Los Angeles. Besar bukan?

Jika yang tadi itu besar, ini adalah matahari. Anda berada di titik mungil di bawah itu.

Dan ini bagaimana Anda terlihat dari bulan.

Dan ini dari Mars.

Dari Saturnus.

BacaAku:   Speaker Bluetooth Xiaomi Mi Canon Hanya Rp200 Ribuan

Dan dari Neptunus, 6,5 milyar km jauhnya.

Perjalanan Anda masih jauh, mari lihat lagi bagaimana bumi terlihat dibandingkan dengan matahari. Yang akan membuat Anda takjub berkali-kali.

Titik kecil ini adalah matahari, dilihat dari Mars.

Apakah Anda tahu bahwa ada lebih banyak bintang di ruang angkasa daripada jumlah butiran pasir di setiap pantai yang ada di Bumi?

Dan di antara semua bintang-bintang ini, banyak yang jauh lebih besar daripada matahari kita. Lihatlah bagaimana matahari terlihat dibandingkan dengan VY Canis Majoris.

Dan galaksi sangat jauh lebih besar. Untuk lebih memahami: jika matahari adalah sebuah sel darah, Galaksi Bima Sakti akan sama besarnya dengan Amerika Serikat!

Bima Sakti sangat besar. Di sinilah kita berada di dalamnya.

Berpikir bahwa semua bintang yang bisa Anda lihat di malam hari hanya bagian dari lingkaran kuning kecil ini benar-benar membuat Anda terbelalak.

Apakah Anda berpikir bahwa Bima Sakti (Milky way) adalah galaksi terbesar di ruang angkasa? Inilah galaksi Anda dibandingkan dengan Ic 1011!

Ini adalah gambar yang diambil dari teleskop Hubble. Dalam ruang angkasa ada jutaan galaksi, masing-masing dan setiap dari mereka mengandung jutaan bintang, masing-masing dengan planet yang mengorbit di sekitar mereka.

Ini adalah salah satu galaksi tersebut. Galaksi ini bernama UDF 423, dan itu 10 miliar tahun cahaya jauhnya. Apakah Anda tahu apa artinya? Ini berarti bahwa cahayanya membutuhkan waktu 10 miliar tahun untuk mencapai bumi. Pada dasarnya, dengan melihat galaksi ini Anda sedang melihat 10 miliar tahun ke masa lalu!

Ingatlah bahwa setiap inci penglihatan Anda ke langit malam mengandung miliaran galaksi, bintang, dan planet.

BacaAku:   Pernahkah Anda Berfikir Mengapa Jarum Jam Berputar Ke Kanan ?

Tapi tidak semuanya indah di luar sana. Berikut adalah lubang hitam dibandingkan dengan orbit Anda. Sebuah lubang hitam adalah wilayah ruang-waktu di mana gravitasi begitu kuat sehingga apabila ada partikel atau sinar cahaya yang memasuki wilayah itu mereka tak akan pernah bisa lepas dari sana.

Jadi, setiap kali Anda berpikir tentang kehidupan dan keberadaan Anda, tentang baik dan buruk di dunia ini, perlu diingat bahwa Anda hanyalah sekecil titik yang hilang dalam ruang angkasa. Hanya mengulang sedikit. Ini adalah di mana Anda hidup.

Ini bagaimana Anda terlihat di tata surya.

Dan di lingkungan antar bintang.

Lingkungan Anda dibandingkan dengan galaksi kita.

Dan bagaimana tampilannya dari kejauhan. Silahkan Anda zoom out sedikit.

Lebih luas lagi.

Dan di sinilah Anda, ini adalah alam semesta yang dapat terlihat oleh teleskop-teleskop para ilmuwan. Segala sesuatu yang kita sebut sebelumnya berada dalam secuil titik merah. Mengesankan, bukan?

Berpikir tentang bagaimana kecil dan tidak berartinya kita dibandingkan dengan alam semesta benar-benar membuat takjub dan semakin tak berartinya Anda. Lantas apa yang pantas Anda sombongkan?

Pernahkah Kalian Berfikir Siapakah Kita di Deretan Para Planet ? Ini Dia Penjelasannya
Pilih Kategori