php hit counter
Pernahkah Anda Berfikir Tindakan Apa Yang Harus Anda Ambil Ketika Smartphone Anda Tercuri

Pernahkah Anda Berfikir Tindakan Apa Yang Harus Anda Ambil Ketika Smartphone Anda Tercuri

Pencurian ponsel memang akan selalu mengintai siapa saja, termasuk kita. Meski besar harapan kita tidak mengalami hal menyesakkan ini, namun sebagai manusia kita harus bisa ekstra waspada dan mempunyai wawasan terkait kehilangan ponsel. Ya, memiliki wawasan berkaitan dengan ponsel yang hilang ini bukan berarti kita lantas sudah pasrah untuk kehilangan ponsel.

Namun lebih dari itu ancaman pencurian ponsel yang sewaktu-waktu bisa menghampiri siapa saja termasuk kita dengan wawasan ini bisa kita antisipasi dengan cepat. Maka dari itu bila Anda pemakai ponsel pintar Android dan iPhone sudah saatnya Anda mengenal wawasan berikut ini.

Jadi ketika Anda kehilangan smartphone Android atau iPhone maka Anda tidak panik berlebihan hingga membuat Anda bingung harus bertindak apa. Nah dengan wawasan ini Anda akan mengetahui bahwa  iPhone maupun Android telah mempunyai fitur untuk mengamankan ponsel Anda. Dan berikut ini adalah beberapa tips dan kiat yang bisa Anda lakukan atau ambil tindakan saat ponsel Anda dicuri.

Tindakan untuk Pencurian iPhone

Bila Anda pemilik smartphone iPhone, maka jika terjadi pencurian yang menimpa, Anda bisa melakukan hal berikut ini. iPhone sendiri memiliki fitur iCloud yang bisa Anda manfaatkan untuk mengunci ponsel dari kejauhan.

Nah jadi saat terjadi pencurian dan agar pencuri tidak bisa mengakses data-data pribadi, Anda bisa mengaktifkan fitur iCloud ini. Tapi agar bisa menggunakan fasilitas ini Anda harus memastikan sebelumnya telah melakukan registrasi di iCloud.

Selain fitur iCloud, iPhone juga memiliki fitur Find My iPhone untuk kasus pencurian. Dengan melakukan log in pada iCloud dan menggunakan ID dan Password Apple Anda, maka fitur Find My Phone bisa dijalankan. Setelah log in klik saja fitur ‘Find My iPhone dan pilih iPhone Anda yang dicuri. Dari sana Anda bisa melakukan penguncian smartphone atau bahkan membuang seluruh data di dalamnya. Setelah Anda melakukan ini semua maka Anda tinggal menyerahkannya pada pihak berwajib.

Tindakan untuk Pencurian Smartphone Android

Untuk Anda para pengguna ponsel Android, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan ketika kehilangan ponsel. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan Google’s Android Device Manager untuk mencari, mengunci dan menghapus perangkat mereka. Namun untuk bisa menggunakan situs ini, Anda diharuskan terlebih dahulu menautkan akun Google Anda dengan ponsel. Jadi jika Anda sebelumnya telah memiliki akun Google, maka hal ini akan mudah untuk dilakukan dan menggunakan Android Device Manager.

Tapi bila Anda tidak memiliki akun Google maka Anda bisa menghubungkan ponsel Android Anda dengan akun untuk mengaktifkan Google Now. Setelah itu kunjungi saja Google.com dari PC. Selanjutnya dari kotak pencarian Google.com ketik smartphone hilang atau smartphone dicuri.

Hasil pencarian dari Google.com akan secara otomatis Anda dapatkan mencakup peta, sehingga sistem akan mulai mencari ponsel Anda. Namun sama dengan iPhone, setelah mendapatkan lokasi ponsel Anda jangan pernah mencoba untuk mendatangi lokasi sendirian. Ini akan membahayakan Anda. Agar lebih aman Anda bisa menghubungi polisi dan biarkan mereka yang menanganinya.

Telepon Operator 

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan ketika terjadi pencurian ponsel baik iPhone maupun Android maka Anda bisa menghubungi operator. Pencurian ponsel memang akan sangat berbahaya ketika pelaku pencurian mengunakan nomor SIM Anda untuk hal-hal yang tidak bertanggungjawab.

Jadi untuk mengamankan Anda dari aksi pencuri yang memanfaatkan nomor Anda untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab maka Anda bisa menghubungi operator ponsel Anda. Katakan pada pihak operator agar nomor Anda yang ada pada ponsel yang tercuri untuk segera diblokir supaya terhindar dari transaksi-transaksi di luar keinginan kita.

Lakukan Tindakan Pencegahan

Terakhir, tindakan untuk mengamankan ponsel dari pencurian adalah melakukan tindakan pencegahan. Caranya Anda bisa menyimpan cadangan data ponsel. Tentu saat Anda memiliki data cadangan, maka Anda akan lebih aman dan nyaman. Jangan lupa juga untuk memasang password maupun pengaman pada smartphone Anda. Dan langkah pengawasan dan perhatian pada ponsel juga seharusnya menjadi hal utama agar Anda tidak mengalami pencurian ponsel.

Pernahkah Anda Berfikir Tindakan Apa Yang Harus Anda Ambil Ketika Smartphone Anda Tercuri
BacaAku:   Para Ilmuan Mempredikasi 10 Tahun lagi New York dan London Akan Tenggelam ?!
Pilih Kategori