php hit counter
Percayakah Anda Bahwa Media Sosial Pengaruhi Tidur Anda
Percayakah Anda Bahwa Media Sosial Pengaruhi Tidur Anda

BacaAku.com-Sebuah studi menunjukkan bahwa keinginan seseorang untuk terus memeriksa notifikasi akun media sosial mereka merupakan salah satu penyebab seseorang sulit untuk tidur, terutama di kalangan dewasa muda.

Para peneliti di University of Pittsburg melakukan penelitian mengenai kebiasaan menggunakan media sosial. Penelitian ini diikuti oleh 1.700 orang dewasa berumur 19 – 32 tahun. Para peneliti lalu menemukan bahwa orang-orang yang menghabiskan waktu lebih dari satu jam di media sosial lalu berusaha untuk tidur, akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena gangguan tidur.

“Studi ini merupakan salah satu bukti pertama yang menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda,” kata sang ketua penulis Jessica C. Levenson seperti yang dikutip dari Digital Trends.

“Dan studi ini secara khusus memerhatikan hubungan antara penggunaan media sosial dan kualitas tidur para dewasa muda, yang dianggap sebagai generasi pertama yang tumbuh besar dengan keberadaan media sosial.”

Rata-rata, para dewasa muda menghabiskan waktu lebih dari 1 jam di media sosial setiap harinya. Mereka biasanya memeriksa berbagai akun media sosial — seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Instagram — sebanyak sekitar 30 kali seminggu. Orang-orang yang lebih sering menggunakan media sosial setiap minggunya memiliki risiko 3 kali lebih besar terkena gangguan tidur.

“Hal ini mungkin menunjukkan bahwa kecenderungan mengecek media sosial sebagai salah satu indikasi seseorang mengalami masalah tidur,” kata Levenson.

Saat ini, masih belum diketahui mengapa media sosial menyebabkan kesulitan tidur. Tidak tertutup kemungkinan, penyebab sulit tidur bukanlah media sosial, tapi penggunaan smartphone itu sendiri. Sementara para peneliti menduga bahwa media sosial mungkin memberikan rangsangan emosional atau psikologis yang pada akhirnya membuat seseorang kesulitan tidur.

BacaAku:   Atasi Ketombe Kamu Tanpa Harus Keluar Banyak Uang

Pada akhirnya, para peneliti setuju bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengerti efek yang diberikan oleh media sosial pada kesehatan penggunanya.

“Kesulitan untuk tidur dapat berakibat pada peningkatan penggunaan media sosial,” kata penulis senior Brian A. Primack. “Siklus ini mungkin dapat menyebabkan masalah karena di media sosial ada banyak interaksi yang justru memberikan stimulasi yang pada akhirnya menyebabkan gangguan tidur.”

Percayakah Anda Bahwa Sosial Media Pengaruhi Tidur Anda
Pilih Kategori