php hit counter
Percayakah Anda Bahwa Dinosaurus Lebih Tua Ketimbang Cincin Saturnus
Percayakah Anda Bahwa Dinosaurus Lebih Tua Ketimbang Cincin Saturnus

Saturnus dikenal karena cincinnya yang indah. Fakta baru menyebutkan bahwa sistem cincin itu belum hadir saat era dinosaurus dimulai di Bumi.

Cincin yang dimiliki Saturnus kemungkinan masih baru. Bulan Saturnus baru terbentuk sekira 100 juta tahun lalu, lebih dari 130 tahun setelah kebangkitan dinosaurus di Bumi.

Sejak abad ke-17, astronom telah mencoba segala cara untuk mencari usia satelit Saturnuas. Ide paling terkemuka di antaranya menyebutkan bahwa sistem satelit Bulan terbentuk pada waktu yang sama dengan tata surya lainnya, setidaknya 4,5 miliar tahun lalu.

Pada 2012, astronom Perancis menunjukkan bahwa Bulan Saturnus keluar dari orbitnya. Ini karena gaya di antara planet dan satelitnya yang menyebabkan gas panas di dalam planet.

“Bulan selalu berubah orbitnya. Itu tak terelakkan, tapi kenyataan ini memungkinkan kita menggunakan simulasi komputer untuk melihat sejarah bulan Saturnus. Melakukan hal itu, kami menemukan bahwa mereka kemungkinan besar lahir selama dua persen terbaru di sejarah planet,” kata Matija Cuk dari SETI Institute dilansir dari Tech Times.

Puluhan satelit diketahui mengorbit di seluruh planet raksasa, dan masing-masing tampaknya spiral jauh dari Saturnus pada tingkat yang berbeda. Ketika mereka melakukan perjalanan jauh dari planet terbesar kedua di tata surya, mereka sering mempengaruhi jalan satu sama lain melalui gaya gravitasi.

[the_ad id=”1387″]

Percayakah Anda Bahwa Dinosaurus Lebih Tua Ketimbang Cincin Saturnus
BacaAku:   Vietnam Memblokir Facebook ? Ada Apa Gerangan !
Pilih Kategori