php hit counter
Penemuan Mengejutkan ! Matahari ada 3 di Langit ?
Penemuan Mengejutkan ! Matahari ada 3 di Langit ?

CALIFORNIA – Penemuan terbaru, kali ini para astronom di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, menemukan planet yang jauh seukuran Jupiter yang mengitari salah satu bintang triplet.

Peneliti menemukan sistem bintang bertiga dalam artian memiliki tiga matahari di langit. Planet terbaru ini disebut Kelt-4Ab, yang mengorbit satu bintang induk yang pada gilirannya mengorbit dua bintang lagi.

Kendati sudah ditemukan, planet bintang triplet ini terbilang langkah. Sebab hanya hanya ada 4 sistem yang memiliki 3 bintang dan sistem Kelt-4 merupakan sistem bintang triplet ke-4 yang ditemukan memiliki planet.

Awalnya, sistem bintang bertiga yang pada awalnya diduga bintang ganda. Menurut cacatan sejarah, sistem bintang ganda Kelt ditemukan pada 1973 sebagai pasangan bintang ganda.

Kemudian baru 40 tahun ditemukan pada 2013. Saat pertama ditemukan bintang Kelt-B dan Kelt-C, memang belum bisa dipisahkan oleh instrumen yang digunakan pada masa itu.

Bintang-bintang kedua dan ketiga (Kelt-B dan C) yang lebih jauh dan mengorbit satu sama lain selama 30 tahun. Jika berada di permukaan planet ini, Kelt-A matahari akan muncul 40 kali lebih besar Matahari di Bumi.

Sementara dua lainnya akan terlihat mirip dengan bula-bulan kecil. Selain, Kelt-4Ab, pasangan bintang lainnya (Kelt-4b dan 4C) juga mengorbit Kelt-4a, yang juga merupakan bintang paling terang di sistem ini.

Planet Kelt-4AB ditemukan melalui metode transit saat diamati dengan 2 teleskop hubble robotik Kilodegree Extremely Little Telescope (KELT) yang berada di Arizona dan Afrika Selatan (AS).

Selain planet KELT-4Ab, peneliti juga melakukan pengamatan dengan kedua teleskop robotik yang kemudian menyingkap kehadiran dua bintang Kelt 4B dan 4C.

Artikel Menarik Lainnya:

BacaAku:   Modifikasi Huruf Dengan Update Terbaru WhatsApp Android
Penemuan Mengejutkan ! Matahari ada 3 di Langit ?
Tagged on:             
Pilih Kategori