php hit counter
Pelajaran Poin Penting Berbisnis Bersama Pasangan Sebelum Anda Menyesal
Pelajaran Poin Penting Berbisnis Bersama Pasangan Sebelum Anda Menyesal

Pelajaran Poin Penting Berbisnis Bersama Pasangan Sebelum Anda Menyesal-Jadi karyawan emang enak ya, dapet fasilitas, kenyamanan dan rasa aman karena punya penghasilan tetap. Iya sih, tapi kebayang gak jadi karyawan doang seumur hidup? Eh gak seumur hidup juga sih, sampai usia pensiun hehehe.

Punya usaha atau bikin bisnis sendiri bisa dibilang impian banyak orang. Emang apa hebatnya sih punya bisnis sendiri? Bakal ngejamin hidup enak gitu bro? Bisa banget sih kalau ngejalaninnya serius dan penuh komitmen kayak cinta kita eyaaa.

BacaAku:   Cara Hemat Ala Mahasiswa Jika Ingin Sukses Bisnis

Oke, bagi sebagian orang bikin bisnis sendiri itu menakutkan. Gak semenakutkan papasan sama mantan yang gandengan sama pasangan barunya di jalan kok, gubrak!

Kenapa gak mulai mempertimbangkan bikin bisnis bareng pasangan, ciyusan nih? Kalau emang pasangan kamu kompak dan punya skill yang mumpuni buat diajak kerja bareng aman gan.

Tapi, bentar ye, ada tapinya nih. Sebelum ambil keputusan berbisnis dengan pasangan, mendingan pikirin dulu hal-hal ini deh biar mantep.

1. Satukan visi dan misi termasuk niat

Bisnis itu harus serius kalau gak mau kuncup sebelum berkembang. Duduk berdua, jangan ada siapapun di antara kita ciyeileeeh. Nah, diskusi dulu deh, istilah kerennya branstorming gitu deh. Pastiin dulu tuh visi dan misi alias niat bikin bisnis barengnya itu apa.

Jangan ada dusta lah seperti kata Om Broery tuh. Kalau ternyata visi dan misinya beda, agak susah dong. Dia maunya ke kanan sementara kamu ke kiri, gak ketemu cuy! Gak perlu sama persis kok, tapi intinya punya kesamaan, semisal ingin hari tua nanti gak pusing mikirin uang lagi.

Kalau visi dan misi udah sama, nah kamu dan si dia bisa lanjut ke tahapan selanjutnya.

2. Tentuin konsep

Nah, sekarang lanjut soal konsep bisnisnya. Kalau yang ini gak wajib sama, tapi paling gak salah satu bisa menerima dan melengkapi. Contohnya aja nih kamu penginnya buka online shop jual produk aksesoris gadget, pasangan kamu ternyata gak terlalu ngerti.

Selama dia setuju dan mau membantu di keuangannya semisal, gak masalah kok.

3. Bikin perjanjian kerja jelas hitam di atas putih

Bisnis erat kaitannya sama duit, nah loh, jangan main-main deh kalau soal yang satu ini. Gak sedikit loh pernikahan atau pacaran yang kandas gara-gara duit. Jjangan langsung nyalahin duit sebagai sumber malapetaka ya.

Semua dikembalikan lai ke pribadinya masing-masing. Makanya, sebelum mulai, bikin deh perjanjian hitam di atas putih yang ditandatangani kedua belah pihak. Ini namanya win-win solution, sama-sama enak dan jelas.

4. Janji untuk bisa sama-sama profesional

Harus bisa bedain ya, kapan harus pakai perasaan dan kapan harus profesional. Kalau mencampurkan perasaan ke dalam bisnis bisa hancur mina tuh. Bayangin aja, semisal kamu yang bertanggungjawab atas pengiriman barang ternyata lupa kirim satu paket.

Ketika pasangan kamu nanya dan komplen soal kesalahan kamu, eh kamunya malah nangis bombay karena ngerasa pasangan kamu gak sayang lagi.

Loh, itu kan masalah kerjaan, bukan masalah pribadi, ya harus profesional dong. Kalau emang salah satu dari kalian melakukan kesalahan terkait bisnis kalian, harus berani mengakui.

Dan kalau kamu di posisi yang bukan melakukan kesalahan juga jangan terlalu lebay. Bicarakan baik-baik dan fokus ke solusi, bukan membesar-besarkan masalah.

5. Sediakan waktu me time

Bisnis bareng pasangan berarti bakal ngabisin waktu berdua hampir sepanjang hari. Nah, supaya gak jenuh dan gak menyulut emosi hehehe ada baiknya punya waktu me time sendiri-sendiri deh. Entah itu mau shopping sendiri, atau nyalon atau kongkow sama teman-teman.

BacaAku:   Strategi Menjadi Digital Marketers Sukses

Tapi, jangan kebablasan sampai main hati sama yang lain atau ngabisin budget ya. Apalagi kalau yang digunakan uang hasil dari bisnis bareng, wah bisa pecah perang ke III tuh. Ampun dijeee

Duh susah juga ya kalau mau berbisnis bareng pasangan. Emang siapa bilang gampang? Please deh, semua itu butuh kerja keras dan kesungguhan. Kalau hubungan kalian aja masih kayak abegeh yang dikit-dikit ngambek, lebih baik urungkan niat berbisnis bareng.

Bisnis bareng pasangan banyak enaknya, tapi bukan berarti gak ada kekurangannya. Jadi, sebelum memutuskan untuk buka bisnis bareng pasangan, pastikan gak modal nekat ya!

[the_ad id=”1387″]

Pelajaran Poin Penting Berbisnis Bersama Pasangan Sebelum Anda Menyesal
Pilih Kategori