php hit counter

BacaAku – Panduan Mudah Import File Dokumen Office Word ke Artikel WordPress Bagi sebagian orang menulis di word sebelum di import kedalam wordpress adalah kebiasaan yang sudah lumrah dilakukan, namun bagaimana Import File Office Word ke dalam Artikel WordPress yang benar dan baik ?

WIJSojMAKLSJlJLWE091831
Panduan Mudah Import File Dokumen Office Word ke Artikel WordPress | image from Google

Langkah termudah untuk memindahkan file dokumen Office Word atau file format .docx ke WordPress adalah dengan melakukan copy paste. Namun seperti yang sudah saya jelaskan diatas dengan menggunakan cara ini maka format file .docx yang sudah jadi nantinya akan berantakan ketika di paste di WordPress. Tentunya hal ini akan menyita waktu Anda untuk kembali mengubah format di WordPress.

BacaAku:   Panduan Migrasi Blogger ke Wordpress Self Hosted

Visual editor Office Word tentunya lebih lengkap dibanding dengan WordPress. Di Office Word kita dapat dengan leluasa menulis artikel dengan built-in spell check, template, thesaurus, style, format, dan masih banyak lagi. Kelengkapan fitur yang dimiliki oleh Office Word merupakan faktor utama untuk saya menulis konsep artikel di Office Word. Apakah Anda juga sama seperti hal itu?

Bagaimana Cara Import File Dokumen Office Word ke Visual Editor WordPress ?

BacaAku anggap saat ini Anda sudah mempunyai record dokumen .docx sehingga saya tidak akan menerangkannya kembali. Kita disini tinggal mengimport record .docx saja. Dalam transfer data file dokumen Office Term ke visible editor WordPress disini kita akan menggunakan sebuah plugin. Kenapa menggunakan plugin? Jawabannya tepatnya adalah agar format yang sudah jadi di Term tidak kacau ketika di tempelkan di WordPress.

Plugin yang kita butuhkan untuk import file .docx ke WordPress adalah plugin Mammoth .docx Converter. Silakan Anda installkan dahulu plugin tersebut ke WordPress menggunakan cara yang Anda sukai. Bisa install plugin dari Dashboard atau dari cPanel Hosting.

Nanti ketika plugin sudah sobat BacaAku install dan aktifkan maka Anda perlu membuat postingan atau bisa juga mengedit postingan yang sudah ada. Nanti di visual editor WordPress (tempat membuat posting di WordPress) akan ditemukan Mammpth .docx Converter.

pkoPOJIOIjikjb12

Saatnya beraksi! Jika awalnya sobat BacaAku sudah mempunyai artikel yang ditulis di Phrase dan sudah tersimpan di komputer dengan format .docx, kini sobat BacaAku cukup klik pilih tombol Choose Document pada Mammoth .docx Converter.

BacaAku:   Cara Terbaru Mendaftar Feedburner

Setelah file dokumen .docx berhasil diunggah maka sobat akan dihadapkan pada tiga pilihan. Pilihan-pilihan ini adalah pengaturan untuk menampilkan artikel di WordPress. Disini sobat BacaAku bisa memilih desain artikel berdasarkan warna latar belakang, warna teks, cushioning, margin, dan sebagainya. Hebatnya lagi kalau pengaturan-pengaturan ini tidak akan mengganggu stylesheet theme yang digunakan.

Kita juga bisa memilih versi HTML dengan cara klik pilih tombol Organic HTML. Untuk mengecek ada kesalahan ketika menulis artikel apakah, silakan sobat BacaAku klik pilih tombol pesan dan nanti kita bisa melihat apakah selama ini ada kesalahan selama konversi.

Plugin Mammpth .docx Converter terus dikembangkan sehingga sangat kompatibel dengan WordPress. Fitur-fitur yang dimiliki plugin Mammpth .docx Converter saat ini adalah sebagai berikut :

  • Lists
  • Plain HTML formating like bold, italic, superscript, and subscript
  • Links
  • Textboxes are converted into plain paragraphs
  • Headings : Heading 1, Heading 2, are converted into h1,h2, etc.
  • Tables are imported without formating like border and cell colors
  • Images embedded in document are imported into WordPress

Cukup mudah bukan Panduan Mudah Import File Dokumen Office Word ke Artikel WordPress ? sekarang Sobat BacaAku tinggal pratekan saja tutorial ini, jika menemukan kendala atau masalah, jangan sungkan untuk bertaya memalui kolom komentar di bawah artikel ini. Dan perlu di ingat ! jangan pernah langsung meng-copy paste tulisan sobat dari MS.Word ke Postingan WordPress karena hal tersebut akan membuat artikel sobat nantinya akan lambat untuk dibuka karena dalam artikel tersebut penuh dengan kode HTML.

Jika sobat tidak percaya, coba saja langsung lihat ketika sudah di pasti di mode visual, lalu buka mode teks maka kelihat sekali banyak kode HTML pada tulisan sobat. 🙂

 

Panduan Mudah Import File Dokumen Office Word ke Artikel WordPress
Pilih Kategori