php hit counter

BacaAku – Panduan Menantukan Niche Blog Yang Baik Untuk Anda , banyak sekali blogger-blogger muda saat ini yang ingin mengejar penghasilan secara online dan salah satunya adalah melalui blogging ini, baik gratis maupun berbayar semua cara dilakukan untuk mendapatkan hasil yang besar. Tapi kesalahan terbesar terjadi di awal yaitu penentuan niche yang baik untuk dirinya.

Panduan Menantukan Niche Blog Yang Baik Untuk Anda

INTRO

Sebelum BacaAku memulai bagaimana cara menentukan niche yang baik untuk diri sobat BacaAku ataupun bisnis sobat, ada baiknya sobat membaca salah satu pengalaman BacaAku ini 🙂

Awal kisah BacaAku mengenal dunia blogging ini dan monetize blog berawal pada tahun 2008 awal, BacaAku dahulu sempat berfikir bagaimana saya dapat menghasilkan uang secara online dan realtime tanpa harus banting tulang dan susah kerja keras. Lalu terpintaslah untuk memonetize blog BacaAku dan berharap mendapatkan penghasilan passive income.

Apa yang terjadi selanjutnya ? terpintaslah pikiran rakus dan berfikir untuk membuat banyak niche web/blog dengan mindset banyak niche banyak pengujung(visitor) maka income juga akan bertambah, alhasil bukan income yang saya dapat melainkan letih yang saya dapat.

Bukan karena saya bodoh atau saya tidak mengerti cara memonetize blog/web akan tetapi saya kehilangan fokus akan apa yang saya lakukan, percaya atau tidak Anda sekarang ini yang sedang membaca artikel saya ini dengan memiliki banyak niche dalam blog Anda pasti Anda kehilangan arah apa yang sedang sobat BacaAku kerjakan.

Yap, bersyukurlah sobat BacaAku yang membaca artikel ini agar tidak melakukan kesalahan yang sama seperti pengalaman BacaAku, tapi semua yang terjadi pasti memiliki hikmah dan itupun juga terjadi kepada saya pribadi. Teruslah membaca hingga akhir karea jika Anda melewatkan beberapa step pada artikel ini. Anda hanya akan membuang waktu sobat 🙂

Step 1 Kenali Diri Anda Sebelum Menentukan Niche

Hampir setiap artikel yang BacaAku temukan saat menulis artikel ini melihat bahwa rata-rata artikel yang berisi “Panduan Menentukan Niche Blog Yang Baik” selalu menyimpulkan dalam membuat blog harus sesuai minat dan keahlian penulis blog tersebut dan juga ada yang menyimpulkan asalkan potensinya besar keahlian bukan menjadi hambatan.

Mana yang benar ?

Tidak semua yang disimpulkan benar dan salah, semua kembali kepada pribadi masing-masing. Karena apa? BacaAku memiliki seoarang teman yang memiliki minat yang besar pada dunia blogging ini. Tapi apa keahliahnya ? ia hanya seoarang pendongeng dan pengarang cerita fiksi. Lalu dia mencoba untuk membuat sebuah web yang diluar dari kemampuannya. Yang terjadi adalah sebuah keajaiban bahwa blog/webnya kini terkenal akan bualannya dan dapat menghipnotis banyak pengujung blog/web-nya.

Semua manusia memiliki keahliannya masing-masing, dan tahap dasar sekali dalam membuat sebuah blog adalah pondasi dan niche ini adalah pondasi dasar dalam membentuk blog/web Anda. Bukan berarti semua pengarang/pendongeng dapat melakukan hal yang sama dengan teman BacaAku ini ya 🙂

Maka dari itu untuk step berikutnya kita akan membahas manfaat niche yang Anda buat untuk diri Anda dan kedepannya nanti.

Step 2 Manfaat Niche Yang Anda Buat Untuk Diri Anda

Manfaat niche ini bagi diri Anda sangatlah penting sobat BacaAku pikirkan, mengapa ? karena dengan penentuan niche ini sobat juga akan Belajar sambil Blogging bukan hanya memberikan informasi kepada orang lain, sebagai “contoh: saya tidak mengerti bagaimana cara belajar membuat blog!” tapi sobat memiliki keinginan yang besar untuk dapat membuat blog yang baik dan berkembang.

BacaAku:   Seberapa Minatkah Anda Nge-Blog Setelah Membaca Artikel Ini

Jadi intinya kemampuan dan keahlian Anda bukan 100% sebagai patokan utama. Anda dapat membuat blog dengan niche di luar keahlian Anda sekaligus Anda belajar. Buatlah niche yang berguna untuk diri Anda bukan memberikan informasi tidak berguna hanya untuk mengejar uang, Blogging bukan hanya sekedar mengejar uang akan tetapi kemampuan dan ilmu pengetahuan.

Buat apa saya menghabiskan waktu saya untuk blogging tanpa hasil ? mungkin sobat akan berfikir seperti itu. Dalam artikel ini BacaAku tidak akan memberikan niche yang baik untuk di monetize atau niche yang dapat menghasilkan banyak uang. Karena pada dasarnya jika Anda berikir bahwa dengan blogging Anda dapat menghasilkan uang dengan cepat maka Anda salah besar, tapi jika Anda ingin memperkaya diri Anda lebih dari uang dalam jangka waktu yang panjang maka artikel ini tepat untuk Anda.

Manfaatkan niche blog Anda untuk belajar dan memperkaya diri Anda, karena 99% blogger besar saat ini memberikan artikel yang baik serta dapat menjadi media belajar untuk mereka penulisnya. Jadi dasarnya Anda sedang belajar untuk mendapatkan hasil yang maksimal di masa yang akan datang. Fokuslah pada 1 niche karena pepetah mengatakan ” jika Anda melatih kemampuan Anda hanya dalam 1 bidang maka hasilkan akan berbeda jauh dengan Anda belajar banyak bidang

Baca sampai habis sebelum Anda berkomentar untuk diri Saya, Karena sekarang anda memasuki Inti dari Artikel ini

Step 3 Pahami telebih dahulu mengapa Anda memilih Niche tersebut

BacaAku pernah mengalami kesalah yang cukup dalam dan menghabiskan waktu yang lumayan lama untuk hal yang tidak berguna, jadi BacaAku berharap sobat tidak melakukan hal yang sama seperti yang BacaAku lakukan.

Pada step ini Anda akan memiliki tugas yang cukup penting, yaitu berfikirlah dari sudut pandang yang lain setelah Anda menentukan Niche yang Anda tentukan. Karena jika Anda hanya menilai dari 1 sisi saja maka Anda akan melakukan kesalahan seperti BacaAku dahulu.

BacaAku: Anda Blogger Newbie? Pelajari Dulu Hal Ini

Contoh: Saya telah menentukan untuk membuat Blog/Web berisi Tutorial Web/blog, dan SEO.

Sekarang saatnya kita berfikir dengan berbagai sudut pandang.

Pola Pertama : Penulis Saat Ini.

  1. Dengan niche ini banyak sekali blogger muda yang mencari tutorial, maka blog saya akan banyak visitor
  2. Tutorial ini sudah banyak, saya hanya tinggal membuat artikel yang lebih baik dari semua artikel di page 1 google.
  3. Saya dapat menjual jasa saya kepada orang lain dalam bentuk jasa SEO atau menjual theme blog.
  4. Menghayal berlebihan

Pola keDua : Pengujung Blog

  1. Jika Saya adalah pengujung blog, Apa yang akan saya cari jika saya membutuhkan tutorial blog/seo.
  2. Jika Saya adalah pengujung blog, Tampilan(UI) blog seperti apa yang nyaman untuk blog/web saya
  3. Jika Saya adalah pegujung blog, Jenis penulisan/penyampaian seperti apa yang saya sukai.
  4. Jika Saya adalah pengujung blog, Apa yang membuat saya nyaman dengan blog saya(loyal visitor)

Pola KeTiga : Berfikir Bisnis

  1. Apa untung dan peluang buat saya jika saya membuat blog niche jenis ini
  2. Apa yang membuat saya hingga akhirnya saya menghabiskan waktu saya untuk memilih niche ini
  3. Sampai berapa lama niche ini akan bertahan
  4. Kapan niche ini akan memberikan hasil kepada diri saya
  5. Bagaimana cara saya memonetize jenis niche ini
BacaAku:   Kumpulan Event Blogger Tingkat Internasional

Pola KeEmpat :  Masa Yang Akan Datang

  1.  Apa hasil yang saya dapat setelah mempelajari dan memberikan informasi niche ini
  2. Apa guna niche ini untuk karir saya
  3. Apa kemampuan dan pengetahuan apa yang sudah saya dapat dari niche ini
  4. Sudah menjadi apa dirisaya berat niche ini

Pola KeLima :  Kenyataan Saat Ini

  1. Sudah berapa banyak pesaing(kompetitor) niche ini
  2. Bagaimana saya dapat bersaing dengan para pendahulu pada niche ini

Baiklah sobat BacaAku, itulah hal yang pertama harus anda pikirkan telebih dahulu sebelum sobat memulai untuk “Menentukan Niche Blog Yang Baik Untuk Anda “.

BacaAku: Optimalkan Konten Anda Dengan “CONTENT MARKETING”

Anda tidak harus melihat Trend yang sedang terjadi saat ini karena pada dasarnya Trend datang dan pergi, tapi jika Anda memulai karena minat, semangat dan kerja keras untuk diri Anda di masa yang akan datang menjadi lebih baik. Pilihlah yang berguna walaupun hal itu sulit dan Anda tidak mengerti.

Belajarlah saat Anda menulis dan Berfikirlah untuk masa depan karir Anda.

Lalu bagaimana saya dapat konsisten akan niche yang telah saya buat ini ? Tenang BacaAku sudah membuat artikel nya di  “Susahanya Konsisten Blogging? Ini Dia Solusinya !

Step 4 Bertindak seperti Anda membangun Perusahaan Anda Sendiri

Ini adalah step/langkah terakhir dari artikel ini, Sobat BacaAku pada tahap ini Saya akan menjelaskan mengapa saya memberikan artikel seperti ini yang bukan seperti memilih niche blog pada umumnya ? Karena saya memberikan informasi pada Anda seperti Anda membangun perusahaan/bisnis Anda dan untuk Masa depan Anda.

Disini anda akan melakukan hal yang sangat berat karena Anda telah memulainya, kedepannya Anda akan menemukan diri Anda melalui banyak rintangan dan beban. Tapi jika mindset Anda seperti membangun perusahaan Anda sendiri walaupun badai menerjang, dan berbagai rintangan lainnya, Anda akan tetap konsisten dan terus mengembangan Blog/Bisnis Anda. Maka dari itulah BacaAku menyampaikan Artikel Panduan Menentukan Niche Blog Yang Baik Untuk Anda seperti ini.

Lalu bagaimana saya dapat menjadi blogger sukses dengan tips lainnya ? mungkin Anda saat ini akan berfikir untuk menilai artikel ini dari sudut pandang yang berbeda, Jika Anda dapat meluangkan waktu anda sebentar, Anda dapat membuka artikel “Menilik Kesuksesan Dengan Memahami Dasar Blogging Untuk Menjadi Blogger Sukses

Mungkin juga sebagai dari Anda saat ini adalah wanita dan ingin mendapatkan tips bagaimana menentukan niche yang baik untuk blogger wanita dan ingin menjadi blogger wanita yang wanita banget ya 🙂 silahkan Anda buka artikel saya Niche Yang Cocok Untuk Blogger Wanita.

 

 

 

 

 

Panduan Menentukan Niche Blog Yang Baik Untuk Anda
Pilih Kategori