php hit counter

BacaAku – Panduan Memasang Komentar Disqus di WordPress dengan Plugin dan Tanpa Plugin  Seperti yg telah kita tahu bila CMS WordPress itu salah satu CMS yg paling tidak sedikit dipakai didunia lantaran kelengkapan & kemudahannya dalam mengelola blog. WordPress didukung oleh ribuan plugin cuma-cuma & berbayar biar kinerja WordPress baik rancangan & SEO makin mantab. Begitupun bersama memasang systemkomentar Disqus di WordPress, bila Kamu tak akan ribet bersama urusan script atau kode sehingga gunakanlah plugin saja. Bersama plugin tinggal klik, install, aktifkan, setting, dulu selesai.

9i-90-9-091238jadbkja
Panduan Memasang Komentar Disqus di WordPress dengan Plugin dan Tanpa Plugin

Banyak blog kecil dan besar di dunia yang menggunakan sistem komentar Disqus di blognya. Kemudahan Disqus dalam hal mengintegrasikan Disqus dengan berbagai macam engine blog maka tak heran kalau sistem komentar Disqus banyak yang memilihnya.

Berikut Cara Memasang Komentar Disqus Di Blog WordPress

Yang akan saya bahas pertama adalah cara memasang komentar Disqus menggunakan plugin. Plugin apakah yang dapat kita gunakan untuk memasang sistem komentar Disqus di WordPress, ya tentunya plugin Disqus. Silakan Anda download plugin Disqus Comment System kemudian Anda install di blog WordPres.

BacaAku:   Trik Mudah Memasukan Iklan di Dalam Artikel Wordpress

1. Cara Memasang Sistem Komentar Disqus Dengan Plugin

Tidak sulit pasang plugin Disqus di WordPress karena tidak banyak pengaturan yang harus kita tentukan. Setelah kita sukses menginstall dan mengaktifkan Disqus Comment System maka nanti untuk mengkonfigurasinya bisa Anda lihat pada menu Comments kemudian Disqus. Disini kita tinggal klik pilih Upgrade dan tunggu beberapa saat.

upgrade-your-database-imageSebelum sistem komentar Disqus bisa digunakan maka Anda perlu mengintegrasikan Disqus dengan CMS WordPress Anda. Disini Anda harus memasukkan Username dan Password akun Disqus yang Anda miliki. Jika Anda belum terdaftar atau belum mempunyai akun Disqus, silakan daftar dulu saja di Disqus Signup.

disqus-signin123wdasdafht

Ok saya anggap Anda sudah memiliki akun Disqus dan disini kita tinggal mengintegarasikannya saja. Jika sudah sukses menyambungkan akun Disqus dengan WordPress seperti pada langkah diatas, selanjutnya Anda akan diantarkan kehalaman Plugin Settings. Lihat statusnya, disana seharusnya status Enabled maka Disqus sudah terhubung baik dengan WordPress. Anda setting seperlunya saja disesuaikan dengan kebutuhan.

disqus-plugin-settings124436teafsfdcbm

Yang paling wajib adalah jika umur blog Anda sudah lama atau setidaknya WordPress Anda sudah memiliki koleksi komentar maka Anda wajib mengimpor komentar lama ke akun Disqus. Agar nantinya setiap komentar yang sudah masuk ke WordPress bisa tampil juga di sistem komentar Disqus. Caranya dari tab Import and Export silakan Anda klik pilih Export Comments. Tunggu beberapa saat dan lama sedikitnya proses Export tergantung jumlah komentar yang Anda miliki dan tentunya tergantung koneksi internet juga.

exportcomments124adaw353wrfsw

Selesai dan sekarang sistem komentar WordPress sudah menggunakan Disqus dan komentar tinggal digunakan saja. Mudah dan simple tentunya jika yang kita pilih metode menggunakan plugin.

2. Cara Memasang Sistem Komentar Disqus Tanpa Plugin

Anda tidak suka dengan plugin? Apapun alasannya misal takut memberatkan loading WordPress dan sebagainya maka silakan ikuti petunjuk kedua ini.

BacaAku:   Teknik RWD [Responsive Web] Mudah Dengan HTML5 dan CSS3 Untuk Pemula

Untuk memasang sistem komentar Disqus tanpa plugin di blog WordPress kita akan melewati dua langkah saja. Dan pastikan Anda saat ini sudah mempunyai akun Disqus. Apa dua langkah tersebut? Pertama memasang kode di single.php atau Single Post dan kedua memasang kode di footer.php atau Theme Footer.

Silakan Anda buka file single.php WordPress Anda bisa melalui Dashboard atau cPanel. Cari dan temukan kode <?php comments_template( '', true ); ?> yang terdapat di dalam filesingle.php. Kode php tersebut adalah untuk menampilkan komentar default WordPress. Silakan Anda hapus kode tersebut dan ganti dengan kode berikut.

<div id="disqus-comments">
<div id="disqus_thread"></div>
</div>
<script>
var disqus_config = function () {
this.page.url = '<?php echo get_permalink(); ?>';
};
</script>
<noscript>Please enable JavaScript to view the <a href="https://disqus.com/?ref_noscript">comments powered by Disqus.</a></noscript>

Selesai memasang kode php diatas didalam file single.php langkah selanjutnya Anda buka juga file footer.php. Pasang script berikut didalam file footer.php tepatnya diatas kode</body>

<script>
(function() {
var d = document, s = d.createElement('script'); 
s.src = '//username.disqus.com/embed.js';
s.setAttribute('data-timestamp', +new Date());
(d.head || d.body).appendChild(s);
})();
</script>

 

Ganti username pada kata yang saya cetak tebal dan warna merah diatas dengan username Disqus Anda. Jika Anda menggunakan plugin Cache atau CDN CloudFlare silakan hapus dulu cache WordPress Anda untuk melihat perubahan halaman posting tepatnya pada sistem komentar apakah sukses atau tidaknya menggunakan Disqus.

Bagaimana mudah bukan? saya sudah cek sendiri script diatas di LocalHost dan berhasil. Oh iya untuk melihat setiap komentar yang masuk ke WordPress Anda, nanti Anda bisa melihatnya di URL. https://username.disqus.com/admin/moderate/

Panduan Memasang Komentar Disqus di WordPress dengan Plugin dan Tanpa Plugin
Pilih Kategori