php hit counter

take-a-break-relationship

Sebagian orang lebih suka menggunakan kata ‘break’ atau istirahat sementara dalam sebuah hubungan yang dikira sedang tak baik. Pilihan ini terbilang lebih aman dibanding langsung mengucapkan kata putus untuk menyudahi semuanya. Tapi apakah keputusan ini menguntungkan bagi kedua belah pihak?

“Biasanya nih orang-orang kita menyebut ‘break’ sebagai putus sementara dan nanti bisa berhubungan lagi, dan ‘putus’ sebagai sudah tak berhubungan lagi,” terang psikolog Anna Surti Ariani, seperti dikutip dari Wolipop.

Jika kesepakatan ini benar-benar telah Anda ambil, psikolog di Klinik Terpadu Universitas Indonesia itu menyarankan agar pasangan tetap memiliki kesepakatan sebelum memutuskan break. Satu hal yang perlu diperjelas adalah masalah dalam berkomunikasi saat tengah break.

Misalnya, apakah keduanya sama sekali tak berhubungan atau misalnya hanya berhubungan via pesan tertulis saja? Selain itu, bisa juga disepakati akan sampai kapan fase ‘break’ berlangsung. Selain alasan kejelasan, kesepakatan juga penting sebagai kesempatan saling belajar berkomitmen terhadap satu sama lain.

“Contohnya, kalau disepakati sama sekali tak berhubungan selama 3 hari, maka hari berikutnya Anda bisa saling berhubungan lagi. Dapat dilihat kan bagaimana komitmen masing-masing untuk menepati kesepakatan,” ujarnya.

Saat menjalani masa-masa ini, Anda juga harus memikirkan dan menghargai perasaannya. Meskipun begitu Anda juga tak boleh melupakan kebahagiaan diri Anda sendiri. Sebaiknya tidak menjalani masa break terlalu lama. Apalagi jika sikap kekasih mulai membuat perasaan Anda terombang-ambing dengan ketidakpastian.

Jika pada akhirnya ketika masa kesepakatan untuk break akhirnya telah berlalu tapi si dia tetap tidak memberikan kepastian pada Anda maka anggaplah hubungan ini telah berakhir. Kini saatnya untuk move on, untuk tidak lagi menghubunginya, tidak melihat sosial medianya. Mulailah untuk memikirkan kesenangan diri sendiri dan banyak habiskan waktu bersama keluarga dan sahabat.

Pacar Ajak Break? Bagaimana Solusinya
Pilih Kategori