php hit counter
Facebook-WhatsApp
Mungkinkah Smartphone Blackberry Bertahan Tanpa Facebook dan WhatsApp!?

Setelah WhatsApp pada Februari lalu, kini giliran media sosial Facebook yang berhentimemberi dukungan terhadap sistem operasi BlackBerry 10. Artinya pengguna smartphoneBlackBerry tidak akan bisa lagi menggunakan kedua layanan ini.

Namun, hal itu baru akan terjadi pada akhir tahun 2016. Artinya pengguna smartphoneBlackBerry masih bisa menikmati kedua aplikasi selama kurang lebih 9 bulan lagi. Setelah itu, mereka tidak bisa menikmati WhatsApp sama sekali, tapi masih bisa mengakses Facebook melalui browser.

We Are Social

Bagi pengguna Blackberry Messenger (BBM) hal itu mungkin tidak menjadi masalah besar. Mengingat menurut laporan We Are Social pada Q1 2016, BBM masih mendominasi aplikasichatting di Indonesia.

BacaAku:   Memaksimalkan Video Games dan Benefitnya Bagi Anda

Akan tetapi Facebook dan WhatsApp terus meningkat sebagai aplikasi sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain itu, smartphone terbaru perusahaan asal Kanada ini, yaitu BlackBerry Priv tidak lagi menggunakan BlackBerry 10, melainkan Android.

Jadi apakah ini pertanda bahwa kejayaan smartphone BlackBerry akan segera berakhir? Dengan hilangnya dukungan terhadap aplikasi media sosial terbesar di dunia dan WhatsApp tidak menutup kemungkinan hal itu terjadi.

Selain itu, faktor lain yang membuat nafas BlackBerry kian tersenggal-senggal adalah hargasmartphone dengan sistem operasi Android yang kian terjangkau. Rata-ratasmartphoneAndroid kelas bawah kini sudah bisa dinikmati dengan harga Rp1 jutaan.

Jadi menurut prediksi saya, yang tersisa dari perusahaan asal Kanada ini hanyalah aplikasi BBM yang masih setia digunakan di Indonesia. Walau penggunanya juga nampaknya berpotensi menurun, tergerus oleh aplikasi-chatting lain seperti LINE dan Telegram.

Mungkinkah Smartphone BlackBerry Bertahan Tanpa Facebook dan WhatsApp!?
Tagged on:         
Pilih Kategori