php hit counter
Menilik Kesuksesan Dengan Memahami Dasar Blogging Untuk Menjadi Blogger Sukses
Menilik Kesuksesan Dengan Memahami Dasar Blogging Untuk Menjadi Blogger Sukses

Menjadi orang sukses tidaklah mudah, namun bukanlah hal mustahil. Begitu pun untuk menjadi seorang blogger sukses. Kunci sukses hanya ada 3 : Tidak berhenti bekerja keras, Ulet dan tidak takut gagal. Hanya itu. Sukses itu gampang, yaa gampang dikatakan.. heheh.

Yap, mari kita bahas mengenai blogger sukses. Sukses dalam artian berhasil mempopulerkan blog dan menghasilkan uang dari situ. Banyak dari blogger bingung ketika melihat rekan blogger lainnya sukses. Bertanya bagaimana caranya?, kok bisa begitu?, Kok cepet amat? atau ajarin dong mastah?.

Pada posting kali ini saya akan berbagi rahasia mereka yang sudah sukses ngeblog. Jujur, saya sendiri bukanlah seorang blogger sukses. Karena itu, yang saya bagikan disini bukan dari pengalaman saya, melainkan rangkuman pengalaman dari blogger-blogger sukses yang saya kenal sejak awal saya ngeblog. So, berikut ini adalah beberapa hal yang dilakukan seorang blogger sukses.

1. Melakukan Keyword Research

Sebelum membuat blog atau sebuah posting, biasanya mereka meriset terlebih dahulu kata kunci yang paling banyak dicari dan rendah saingannya. Hal ini bertujua agar blog atau postingnya lebih banyak muncul di mesin pencari pada halaman pertama. Riset kata kunci hanya dilakukan untuk blog dengan topik tertentu, bukan blog gado-gado.

Coba cek sendiri, kebanyakan blog-blog yang sukses adalah blog dengan topik tertentu. Jadi, jika topik blog anda masih campuran, sebaiknya tentukan topik yang lebih spesifik, lalu temukan kata kunci yang paling banyak dicari dan rendah saingannya.

2. Punya Target

Biasanya, mereka juga punya target. Misalnya dalam 3 bulan, blog harus sudah mulai di monetisasi. Dengan target yang jelas, blogging-nya pun jadi lebih terarah dan teratur. Selain itu, jika ada target kita akan lebih mudah untuk mengevaluasi dimana kekurangan kita sehingga bisa memperbaikinya pada tahap selanjutnya.

3. Punya Jadwal

Seorang blogger sukses, biasanya mempunyai jadwal mereka sendiri. Mereka tahu kapan harus menulis posting, promosi di media sosial dan melakukan link building. Dengan jadwal, blogging akan lebih terpantau dan juga menuntut kita untuk disiplin. Dengan adanya jadwal, blogging juga tidak akan dilakukan bergantung pada mood. Seorang blogger sukses tidak melakukan pekerjaan mereka bergantung pada mood.

4. Konsisten

Yap, mereka juga konsisten pada jadwal yang mereka buat. Konsisten pada posting yang mereka tulis, artinya tetap dalam topik yang relevan. Blogger yang sukses juga tidak tergoyahkan dan tidak tergoda pada iming-iming kesuksesan orang lain yang akan membuat frustasi dan mengubah cara ngeblognya. Mereka akan tetap konsisten pada cara yang sudah mereka tentukan dari awal.

5. Tahu Apa Yang Mereka Tulis Dan Kerjakan

Kebanyakan blogger, gagal karena mereka tidak tahun apa yang mereka tulis. Tidak tahu apa yang mereka kerjakan. Artinya, mereka tidak benar-benar menguasai apa yang mereka tulis dan kerjakan. Karena itu, untuk menjadi seorang blogger sukses, yang harus anda tulis adalah apa yang anda kuasai. Jika tidak, siapa yang mau membaca informasi yang salah dan sesat dari seorang blogger yang berbicara tentang apa yang tidak mereka ketahui?

6. Punya Passion

Selain menguasai apa yang mereka tulis, blogger sukses juga memiliki passion pada apa yang mereka kerjakan. Mereka memiliki passion baik pada apa yang mereka tulis, maupun pada apa yang mereka kerjakan (ngeblog, link building, promosi dan sebagainya). Dengan adanya passion, pekerjaan yang berat akan terasa ringan karena dikerjakan dengan senang hati. Inilah kenapa blogger yang sukses tidak berhenti bekerja keras.

BacaAku:   Susahanya Konsisten Blogging? Ini Dia Solusinya !

7. Tidak Menganggap Blogging Sebagai Hobby

Walaupun mereka punya passion sehingga ngeblog seolah-olah seperti hobby yang dibayar, tapi pada kenyataannya mereka tidak menganggap itu sebagai hobby belaka. Blogging adalah pekerjaan bagi mereka. Poin ke 7 itu saya dapatkan dari seorang blogger amerika bernama Neil patel, pemilik quicksprout.com, salah satu internet marketer dan blogger sukses kelas dunia.

Karena itu, berhentilah menganggap blogging sebagai hobby. Mulailah untuk menganggap ini sebuah pekerjaan sehingga ketika anda tidak blogging dalam satu hari, anda akan menggantikannya di lain hari.

8. Konten Berkualitas & Link Building

2 hal ini adalah hal penting yang mereka lakukan saat ngeblog. Mereka menulis konten sebagus dan sebaik mungkin, namun tidak meninggalkan pekerjaan lain yang juga penting : link building. Konten tanpa backlink akan sulit ditemukan oleh orang di mesin pencari. Dan juga, perlu di catat bahwa saat link building mereka lebih banyak mencari backlink untuk posting blog ketimbang halaman utama blog mereka. Alasannya adalah agar konten yang di tulis tidak tenggelam di mesin pencari.

9. Belajar & Action Secara Terfokus Dan Bertahap

Walaupun seorang blogger sukses sudah ahli dalam bidangnya, dan notabene-nya sudah menguasai ilmu blogging sendiri, kebanyakan dari mereka tetap belajar. Mereka tetap mempelajari sesuatu yang berhubungan dengan bidangnya, atau mengenai blogging, dan itu dilakukan dengan terfokus dan bertahap. Terfokus berarti hanya 1 topik yang dipelajari sampai tuntas, tidak loncat ke topik lain jita topik 1 belum tuntas. Bertahap berarti belajar dari yang paling mudah ke yang paling sulit. Begitupun dengan actionnya.

Dan satu hal yang paling penting, saat mereka selesai belajar, mereka langsung mencoba dan mempraktekkannya!.

10. Tepat Berpromosi

Maksud dari tepat berpromosi ini adalah mereka berpromosi pada tempatnya, dan kepada orang yang tepat. Contoh nyata promosi yang tepat adalah dengan sharing artikel anda pada grup di facebook yang berisi orang-orang yang mempunyai ketertarikan yang sama dengan anda sehingga potensi kliknya sangat tinggi. Dengan begini, promosi yang dilakukan membuahkan hasil yang memuaskan.

Untuk yang ini, saya sendiri sudah mempraktekkannya dan hasilnya memang benar-benar memuaskan, apalagi ketika sharing di grup di google+.

11. Punya Porsi Yang Tepat

Pada poin 8 ,9 dan 10 ada 4 hal yang dilakukan blogger sukses, yakni membuat konten berkualitas, link building, belajar/membaca, dan berpromosi. Nah, seorang blogger yang sukses mempunyai porsi yang tepat untuk ke-4 hal ini. Dari yang saya lihat dan pelajari dari mereka, kira-kira porsi waktu untuk ke-4 hal ini adalah : 40% menulis konten, 25% link building, 25% promosi, dan 10% membaca. Terkadang, promosi dan link building juga dilakukan secara bersamaan sehingga jika di gabung menjadi 50%.

Seiring waktu, biasanya persentase penulisan konten dan membaca akan menurun, dan link building serta promosi akan meningkat. Hal ini karena mereka semakin professional sehingga waktu yang digunakan untuk menulis konten yang berkualitas dan membaca lebih cepat. Sisanya, mereka lakukan untuk link building dan promosi karena kedua hal ini menjadi ujung tombak persaingan setelah konten kita benar-benar berkualitas.

BacaAku:   Anda Blogger Newbie? Pelajari Dulu Hal Ini

12. Berani Berinvestasi

Salah satu hal yang menyebabkan kegagalan seorang blogger adalah ketakukan untuk berinvestasi untuk blog mereka. Takut rugi. Ketakutan seperti ini tidak ada pada seorang blogger sukses. Mereka tidak akan tanggung-tanggung membeli sebuah produk yang bisa menunjang blogging mereka.

Tentunya, bukan berarti tanpa pertimbangan. Mereka juga tahu apa yang mereka beli. Hal inilah yang menyebabkan mereka selangkah lebih maju dari blogger-blogger lain.

13. Membangun Komunitas

Hal lain yang dilakukan seorang blogger sukses adalah membangun komunitasnya sendiri, baik di facebook, google+, twitter, atau di blognya sendiri berupa fans page, grup, maupun forum. Komunitas ini berfungsi untuk mengetahui dan mengumpulkan siapa saja yang tertarik dengan blog mereka. Selain itu, komunitas juga berfungsi untuk mempererat hubungan mereka dengan pembaca blognya sehingga mereka bisa lebih akrab dan mengetaui apa yang pembacanya butuhkan.

14. Berorientasi Pada User, Bukan Robot Search Engine

Kebanyakan blogger yang gagal, terutama pemula terlalu memfokuskan konten blog mereka pada search engine sehingga mengurangi kualitas konten yang dibutuhkan pengunjung. Hal ini tidak terjadi pada seorang blogger sukses. Mereka sadar bahwa yang menjadi klien mereka adalah manusia, bukan mesin pencari.

Pada akhirnya, konten yang berorientasi pada pengunjung jualah yang menjadi favorit dan primadona mesin pencari. Alasannya simple, karena mesin pencari sendiri pun berorientasi pada user-experience dan sudah lebih pintar untuk memilih mana konten yang berkualitas + bermanfaat dan mana yang tidak.

15. Tidak Pelit

Coba anda lihat sendiri blogger-blogger sukses yang anda kenal. Kebanyakan dari mereka tidak pelit dalam memberikan konten. Tidak tanggung-tanggung dan tidak mengkomersilkan. Perhatikan juga bagaimana mereka berbagi template gratis, ebook gratis dan sebagainya. Intinya mereka tidak pelit. Sebagai imbalannya mereka mendapatkan loyalitas dan kepercayaan pengunjung. Kalau sudah begitu, apapun yang mereka lakukan untuk monetisasi, entah itu affilate, jualan produk premium, jual banner iklan, semuanya akan mudah laku. Dan disitulah kesuksesan mereka.

Itulah 15 hal yang menjadi rahasia para blogger sukses. Sekarang hanya terkuak 15, selanjutnya akan saya tambahkan lagi jika ada rahasia lain yang terungkap. Atau, mungkin anda sendiri yang akan menambahkan lewat komentar?

Bonus Tips+

Dari semua daftar yang saya tulis diatas, ada satu lagi yang paling penting : Berhenti membaca, Praktek!

Ya, jika tidak berusaha untuk mempraktekkan semua daftar diatas, apalah arti posting ini. Inilah yang sering menjadi kesalahan umum para blogger : Terlalu banyak membaca karena rasa ingin tahu, sehingga praktek dari apa yang dibaca tidak ada. Jujur saja, dulupun saya begitu waktu awal-awal ngeblog. Dan, sebaiknya anda tidak harus mengulangi kesalahan orang lain, tapi belajarlah dari kesalahan orang lain :).

Original konten: syakirurohman

Menilik Kesuksesan Dengan Memahami Dasar Blogging Untuk Menjadi Blogger Sukses
Pilih Kategori