php hit counter

BacaAku – Menambah Security Question Pada WordPress Sobat BacaAku pasti sering menemukan security question ini entah saat melukan pembuatan Email ataupun pendaftaran akun penting seperti Paypal, Amazon, dan lainnya. Pertanyaan keamanan ini digunakan untuk menambah tingkat keamanan terhadap akun yang kita miliki dan juga digunakan saat terjadi lupa password.

1098902ijnansuags0371ey8uhjlnjbzvhk

Pertanyaan keamanan ini juga sering digunakan tidak hanya di sistem online, tetapi juga digunakan saat kita membuka akun sebuah loan provider biasanya kita akan di tanyai seperti tanggal lahir atau nama ibu kita. Hal tersebut tentu diterapkan untuk menjaga akun agar tetap aman dan untuk verifikasi identitas. Bagi sobat BacaAku pengguna WordPress tentu tidak akan menemui fitur pertanyaan keamanan ini saat melakukan login atau register akun WordPress, memang secara default Wordrpess tidak terdapat fitur keamanan seperti ini. Namun bagi sobat BacaAku yang ingin menambahkan fitur pertanyaan keamanan ini pada situs WordPress yang sobat BacaAku miliki, sobat BacaAku bisa menggunakan plugin WP Security Question.

BacaAku:   Cara Mudah SEO Wordpress Untuk Pemula

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada sobat BacaAku cara untuk menambahkan pertanyaan keamanan pada login, register, dan reset password pada situs WordPress. Tapi sebelum ke inti tutorial sebaiknya sobat BacaAku ketahui dahulu beberapa manfaat dari menambahkan fitur keamanan ini.

MANFAAT DAN FUNGSI PERTANYAAN KEAMANAN UNTUK WORDPRESS

Terdapat banyak cara yang bisa sobat BacaAku terapkan dalam melindungi area admin WordPress dari akses yang tidak sah. Karena WordPress adalah system web terpopuler yang berarti banyak sekali orang yang menggunakan WordPress hal tersebut menjadikan WordPress juga rentan sekali untuk dibobol. Dengan banyaknya pengguna WordPress, hacker memanfaatkan hal tersebut dengan selalu mencari celah keamanan WordPress agar bisa meretas sistem WordPress dan masuk ke area admin.

sobat BacaAku bisa menambahkan keamanan WordPress dengan menggunakan plugin security seperti iThemes security atau plugin security lain, dan juga menggunakan cara lain yaitu dengan menambahkan pertanyaan keamanan ke layar login situs WordPress sobat BacaAku itu akan bertindak seperti password tambahan. pengguna dapat memilih pertanyaan dari daftar pertanyaan acak dan kemudian menambahkan jawaban untuk pertanyaan itu.

Hal ini tentu akan membuat hacker lebih sulit untuk masuk ke website sobat BacaAku dengan keamanan yang gsobat BacaAku dari security password, alamat email atau username dan juga security question.

CARA MENAMBAHKAN PERTANYAAN KEAMANAN PADA WORDPRESS

Untuk memulai menambahkan pertanyaan keamanan pada WordPress, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall dan mengaktifkan plugin WP Security Question. Bagi Anda yang belum mengetahui cara install plugin bisa membaca panduan lengkap cara install plugin WordPress.

Setelah plugin Anda aktifkan, Anda akan melihat menu baru bernama “Security Question”. Silahkan klik menu baru tersebut di Settings » Security Question untuk melakukan konfigurasi plugin.

!OIAWKDN90uIJNDKALWNDAIOIH907079yioh34r3

Anda bisa melihat beberapa pertanyaan sudah di sediakan untuk Anda dan tinggal menggunakan atau Anda juga dapat menambahkan pertanyaan keamanan Anda sendiri dengan mengetikkan pada kolom yang sudah disediakan dan klik tombol “Add more”. Atau Anda juga dapat mengedit atau menghapus pertanyaan yang ada.

Di bagian bawah halaman pengaturan, Anda akan menemukan pilihan untuk mengaktifkan pertanyaan keamanan pada login, pendaftaran, dan forgot password.

enable-security-questions

Jangan lupa untuk mengklik tombol “Save Settings” untuk menyimpan konfigurasi pengaturan yang sudah Anda lakukan.

Dan sekarang Anda bisa melihat Pertanyaan keamanan ditambahkan pada halaman login WordPress Anda, silahkan logout dan lihat hasilnya.

0jndaiowye8937hajdbayw0y12oilkne

Bagi pengguna yang sudah terdaftar disitus WordPress Anda dapat mengunjungi halaman Profile mereka untuk memilih pertanyaan keamanan dan menambahkan jawaban mereka.

@aiojwdop-108ojasndh018y2hnadp0-poknad

Pengguna yang tidak menetapkan pertanyaan keamanan masih akan bisa login dengan hanya menggunakan username / email dan password.

Jika Anda mengaktifkan pertanyaan keamanan pada halaman pendaftaran, maka pengguna baru akan dapat memilih pertanyaan keamanan saat pendaftaran.

$e0-12-0jajdaskdopwjeiqwkn123

Dengan mengaktifkan pertanyaan keamanan pada halaman forgot password akan meminta pengguna untuk menjawab pertanyaan keamanan mereka untuk mendapatkan reset password pada email mereka.

Jika alamat email pengguna terganggu, maka ini akan menghentikan seseorang dari mendapatkan akses dengan mengatur ulang kata sandi (reset password).

forgot-passworde123-0123890ijwdj0912973yoiand-q9i1hkna

Dan diatas adalah penjelasa lengkap tentang cara menambahkan Pertanyaan Keamanan (Security Question) pada WordPress, silahkan untuk mencoba menerapkan panduan diatas ke WordPress Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan situs WordPress Anda sekarang lebih aman.

Menambah Security Question Pada WordPress
Pilih Kategori