php hit counter
Melihat Tingkat Popularitas SERP Anda Dengan Jelas
Melihat Tingkat Popularitas SERP Anda Dengan Jelas

Seperti seorang blogger wajib hukumnya bagi kita untuk melakukan pengecekan posisi blog pada Google, hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa metode SEO yang kita jalankan benar-benar bekerja dengan sempurna.

Namun sayangnya untuk proses pengecekan posisi atau rating blog di Google menginginkan waktu cukup lama, lebih lagi jika bposisi blog kamu ada di halaman terakhir, jelas akan membuang banyak waktu Anda.

Walaupun telah ada tool semacam serpchecker untuk mempermudahnya, namun faktanya justru tool tersebut akan menguras uang kita, dikarenakan sejauh ini saya belum 1 tool pun yang memberikan layanan pengecekan rating blog gratis secara limitless, kebanyakan hanya menawarkan maksimum 10 keyword, jika jauh dari itu maka kita diminta untuk mengupgrade regular membership menjadi premium.

Tetapi, bukan perlu khawatir, karena berita baiknya di artikel ini saya akan memberikan informasi kepada Anda cara sederhana yang selama ini ya lakukan untuk mengecek gaya ranking blog di Search engines secara akurat dan unlimited tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Saya rasa amat basa-basinya, sekarang saatnya masuk pada pembahasan utama tentang cara cek ranking blog Anda di Google. Persiapkan dulu toolnya.

Tool Untuk Cek Ranking Blog

Ada 2 tool yang akan kita gunakan untuk melakukan pengecekan ranking blog. Tidak perlu khawatir, kedua tool ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Kedua tool tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Browser (Google Chrome)
  • Scraper (Chrome Plugin)

Link download, terutama untuk plugin scraper akan saya berikan dibawah. Jadi Anda tidak perlu capek-capek untuk mencarinya.

Cara Untuk Cek Ranking Blog

Tutorial ini akan saya tulis dengan sangat sederhana agar mudah dipahami oleh pemula, namun jika dirasa kurang jelas, kedepan akan saya coba untuk menambahkan video tutorialnya. Oke, mungkin langung saja berikut tutorial cek ranking situs di Google.

  1. Download dan install plugin scraper
    Cara Cek Ranking Blog gambar 1

    Plugin scraper bisa Anda dapatkan secara gratis melalui chrome webstore, silahkan Anda buka https://chrome.google.com/webstore lalu ketikkan scraper atau jika tidak ingin repot mencarinya Anda bisa langsung klik link berikut ini untuk mendownloadnya disini Scraper.

  2. Buka google.com, lalu ketikkan kata kunci yang ingin dicek
    Cara Cek Ranking Blog gambar 2

    Sebenarnya tidak harus google.com, Anda bisa menggunakan google.co.id atau Google dari negara manapun, tapi pada contoh kali ini saya akan menggunakan google.com sebagai bahan percobaan.

  3. Tambahkan &num=100&pws=0 diakhir url
    Cara Cek Ranking Blog gambar 3

    Kode diatas terdiri dari dua syntax, syntax pertama adalah &num=100 dan syntax kedua adalah&pws=0. Penjelasan singkatnya &num=100 digunakan untuk menampilkan 100 hasil pencarian blog dalam 1 halaman, jadi kita tidak perlu repot-repot mengklik 10 halaman untuk mendapatkan 100 hasil pencarian.

    Untuk penjelasan syntax kedua &pws=0 sebenarnya sangat sederhana yaitu digunakan untuk menyembunyikan hasil pencarian pribadi, jadi konsepnya sama seperti jika kita melakukan pencarian menggunakan mode Private atau Inconigto, hal ini akan membuat hasil pencarian menjadi lebih akurat.

  4. Klik kanan dibagian title post dan pilih scrape simillar
    Cara Cek Ranking Blog gambar 4

    Disinilah fungsi dari tool scaper, kita akan menggunakannya untuk mengecek ada di posisi berapakah blog kita. Cara menggunakan tool scraper juga terbilang mudah, Anda hanya perlu klik kanan dibagian title post lalu pilih menu scraper simillar untuk mengaktifkan plugin scraper.

  5. Masukkan //div/h3/a/@href dibagian xPath lalu klik scrape
    Cara Cek Ranking Blog gambar 5

    Lebih jelasnya Anda bisa melihat contoh gambar diatas, hapus kode yang sudah ada, lalu ubah dengan kode yang saya berikan diatas. Perbedaan kode yang Anda dapakan dengan saya berikan terletak pada @href dimana kode ini fungsinya untuk mempersempit hasil scrape agar hanya menampilkan link saja tanpa title post.

  6. CTRL + F, ketik url blog Anda
    Cara Cek Ranking Blog gambar 6

    Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mencari ada di posisi berapakah blog Anda. Untuk mempermudahnya Anda bisa mencari dengan menekan command CTRL+F lalu silahkan ketikkan url blog yang ingin Anda cek posisinya.

Ada beberapa hal yang perlu digaris bawahai disini. Tutorial yang saya berikan ini bukan tentang cara tracking keyword, melainkan cara cek posisi keyword blog.

Perbedaan tracking dan cek (checking) sangat jelas sekali, jika tracking maka kita jelas membutuhkan tool scrapechecker karena akan membutuhkan database untuk mencatat pergerakan ranking, namun jika Anda melakukan checking yang artinya hanya melakukan pengecekan ranking saja, maka Anda bisa melakukannya tanpa tool maupun aplikasi serpchecker.

Perbandingan Ranking Antar Tool SERPChecker

Artikel ini saya beri judul Cara Cek Ranking Blog di SERP Google Secara Akurat, ya secara akurat dan untuk mebuktikan pernyataan tersebut saya akan membandingkan hasil pengecekan ranking blog menggunakan metode ini vs pengecekan ranking menggunakan tool serpchecker.

Kata kunci yang akan kita gunakan dalam percobaan kali ini adalah “Belajar SEO” dan google.com sebagai jurinya.

Scraper

 Scraper

Ranking 21 berdasarkan pengecekan menggunakan tool Scraper

Serplab

 Serplab

Ranking 20 berdasarkan pengecekan menggunakan tool Serplab

Whatsmyserp

 Whatsmyserp

Ranking 21 berdasarkan pengecekan menggunakan tool Whatsmyserp

Serps

 Serps

Ranking 20 berdasarkan pengecekan menggunakan tool Serps

Terlihat jelas, bahwa pengecekan ranking menggunakan metode scraper yang saya paparkan diatas terbilang akurat, karena dari pengecekan dengan 3 tool serpchecker yang berbeda hasilnya nyaris sama. Selamat mencoba.
Melihat Tingkat Popularitas SERP Anda Dengan Jelas
BacaAku:   Manfaat dan Kegunaan Footprint Untuk SEO
Tagged on:                 
Pilih Kategori