php hit counter
Melepaskan Diri Dari Kerja Lembur di Kantor | image of Google
Melepaskan Diri Dari Kerja Lembur di Kantor | image of Google

Melepaskan Diri Dari Kerja Lembur di Kantor-Bekerja memang hal penuh dengan tuntutan dan tanggung jawab. Di saat kita bekerja dengan semangat maka kita akan mendapatkan hasil yang maksimal penuh. Dan sebaliknya jika kita bekerja asal-asalan maka hasil nihil dan tak beraturan juga sangat mungkin bisa kita peroleh.

Nah saat hasil yang kita dapatkan tidak beraturan maka kita akan dituntut untuk bekerja lebih dengan cara lembur untuk menutup hal-hal yang belum tuntas dan belum maksimal tadi. Bekerja lembur yang kurang menyenangkan karena kita harus merelakan waktu penting lainnya ini memang bisa menimpa siapa saja termasuk Anda dan saya sendiri.

BacaAku:   Rahasia Jitu Kiat Sukses Menjadi Salesman

Saya sendiri dulu memang sering mengalami masa-masa dimana kerja lembur menjadi tradisi karena keteledoran kerja. Dan yang saya rasakan sendiri adalah rasa sesal dan tak bersalah karena telah bekerja yang tidak maksimal sebelumnya. Nah jika Anda tak mau bekerja sampai dulu lembur seperti pengalaman saya, maka Anda harus melakukan hal-hal berikut ini dengan konsisten.

1. Kerjakan Tugas yang Berat Di Pagi Hari

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghindari kerja lembur adalah mengerjakan tugas yang berat di pagi hari. Mengapa demikian? Sebab pada pagi hari yang merupakan awal dari kegiatan Anda seharian terdapat kondisi pikiran dan stamina diri yang masih segar dan bugar.

[the_ad id=”1384″]

Nah saat kondisi kita masih dalam tahap segar dan bugar ini maka kita bisa memanfaatkan dengan semaksimal mungkin untuk mengerjakan pekerjaan yang dirasa sulit dan berat. Apa tidak berlebihan? Tentu saja tidak, sebab mengerjakan sesuatu yang berat dengan kondisi dimana keadaan tubuh masih fresh maka hal ini akan membuat diri kita memiliki kekuatan yang lebih untuk cepat menyelesaikannya.

Berbeda jika sesuatu yang berat ini Anda lakukan di sore hari dimana kondisi tubuh sudah capek karena tenaga yang sudah terkuras. Maka jika Anda mengerjakan pekerjaan yang berat pada sore hari ini maka Anda akan kesulitan dan tidak maksimal.

2. Komitmen Untuk Fokus

Bekerja memang butuh fokus dan konsentrasi. Bila seseorang bekerja tidak fokus maka akan banyak hal yang terbengkalai dan terlewatkan. Nah dari sini karena Anda harus bertanggung jawab atas pekerjaan Anda maka Anda harus mengerjakan apa yang terbengkalai ini di waktu lembur. Nah saat Anda sudah diharuskan kerja lembur maka hanya sesal dan bersalah yang akan Anda rasakan.

Dari sinilah untuk menghentikan kerja lembur maka pada saat jam kerja Anda harus fokus dan berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.[BacaAku]

3. Hindari Bergosip Saat Bekerja

Saat bekerja kita memang selalu tertarik untuk bercengkerama dengan teman-teman kerja kita. Namun saat kita bercengkerama bersamaan dengan itu bisa dipastikan kita akan kehabisan waktu untuk mengerjakan pekerjaan.

Nah dari sinilah maka beban pekerjaan jadi bertambah berat dan harus kita selesaikan dengan lembur akibat kegemaran kita bercengkerama dan bergosip pada jam kerja. Maka dari itu untuk menghindari lembur ini maka Anda harus menahan diri untuk bergosip ketika jam kerja dan berfokus untuk menyelesaikan pekerjaan.

4. Majukanlah Deadline

Untuk para pekerja yang bekerja dengan deadline maka Anda bisa memajukan deadline Anda untuk menghindari kerja lembur. Saya sendiri adalah orang yang sering bekerja dengan deadline. Memajukan deadline dari deadline yang seharusnya memang menjadi hal yang ampuh untuk bisa menghindari kerja lembur.

Saya sendiri sudah pernah merasakannya. Saat kita mengusahakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan dengan segera dari deadline yang ada maka kita akan termotivasi untuk segera menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan semaksimal mungkin. Nah dari sinilah kemungkinan Anda untuk kerja lembur akan semakin mengecil bahkan nihil.

5. Hindari Kerja Lembur Dengan Bekerja Efektif

Terakhir, hal yang perlu Anda lakukan untuk menghindari kerja lembur adalah dengan bekerja secara efektif. Bekerja dengan efektif adalah bekerja dengan sistem yang lebih teratur. Ya, bekerjalah dengan membuat lingkungan yang mendukung pekerjaan Anda dengan maksimal. Gunakan saja folder-folder yang bisa memudahkan Anda mencari data file. Atau sediakan tempat khusus untuk segala peralatan yang Anda butuhkan untuk bekerja.

Nah dari sini saat Anda akan bekerja maka Anda akan dengan cepat menyelesaikannya tanpa harus kehilangan waktu untuk mencari record atau alat yang Anda butuhkan. Dari sinilah efektivitas pekerjaan akan terjadi dan Anda akan terhindar dari pekerjaan lembur.[BacaAku]

[the_ad id=”1387″]

Melepaskan Diri Dari Kerja Lembur di Kantor
Pilih Kategori