php hit counter
MejaKita - Platform Belajar Online Untuk Membantu kerjakan PR
MejaKita – Platform Belajar Online Untuk Membantu kerjakan PR

Sebuah survei yang dilakukan oleh The Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2012 menyatakan kalau kualitas pendidikan di Indonesia merupakan salah satu yang terburuk di dunia. Hal ini kemudian mendorong 10 orang pelajar Indonesia untuk melakukan sesuatu demi merubah hal tersebut.

Aktsa, Farrel, Nando, David, Melvin, Jason, Nathan, Rafi, Rinwy, dan Hadra saat ini masih duduk di bangku kelas satu Sekolah Menengah Atas (SMA). Mereka sering berkumpul bersama untuk mengerjakan tugas atau sekedar bermain bersama. Dan di sela-sela waktu berkumpul mereka, muncul sebuah ide untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia, yaitu dengan membuat sebuah platform belajar online.

Untuk mewujudkan ide tersebut, mereka pun meminta bantuan Dicoding, yang bisa menghubungkan mereka dengan para developer handal. Akhirnya, pada hari Sabtu (16/4), ide tersebut pun terwujud menjadi sebuah situs dan resmi diluncurkan dengan namaMejaKita.

Bantuan yang diberikan Dicoding

MejaKita - Screenshot

Ketika menerima permintaan dari 10 siswa SMA untuk membuat situs MejaKita, Dicoding memutuskan untuk membuatnya sebagai sebuah tantangan. Hal ini mereka hadirkan dalam bentuk kompetisi untuk menyaring developer terbaik melalui tantangan tersebut dengan kompensasi saham (share) sebesar 10 persen saat MejaKita dirilis. Akhirnya, terpilihlah sebuah tim dari Universitas Negeri Malang (UM) yang ditunjuk untuk mengembangkan situs MejaKita.

Rozi, Robi, dan Daniar, adalah tiga orang yang menjadi bagian dari tim developer situs MejaKita. Kepada Tech in Asia, mereka mengatakan kalau sejauh ini mereka telah menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh MejaKita, mulai dari membuat desain, mengubahnya menjadi sebuah situs, hingga menjaga agar situs tersebut bisa terus berjalan.

“Kami bangga dapat bekerja sama dan mendukung tim MejaKita dalam mewujudkan ide pembuatan platform belajar mengajar yang interaktif,” ujar Narenda Wicaksono, CEO Dicoding, dalam press release yang diterima oleh Tech in Asia.

Mimpi menjangkau dua juta pengguna

10 Pelajar SMA yang menjadi penggagas MejaKIta

10 Pelajar SMA yang menjadi penggagas MejaKIta

MejaKita saat ini telah menyediakan materi pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kamu bisa mempelajari setiap materi tersebut satu persatu, dan langsung bertanya dengan menekan tombol Tanya apabila ada hal yang kamu tidak mengerti. Secara bertahap, mereka juga akan menambah materi pelajaran untuk siswa SD dan SMA.

BacaAku:   Mau Usaha Tanpa Modal ? Siapa Bilang Tidak Bisa

Di situs MejaKita, kamu pun bisa bertanya tentang pekerjaan rumah (PR) yang kamu rasa sulit di fitur Diskusi PR. Dengan fitur tersebut, kamu bisa memasukkan pertanyaan yang kamu tidak tahu jawabannya dengan menekan tombol Buat Pertanyaan, dan menunggu pengguna lain untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Di platform mereka, MejaKita juga mengizinkan beberapa pengguna tertentu untuk menjadi kontributor, agar bisa membantu memperbanyak materi pelajaran yang ada. Saat ini, tim MejaKita bahkan telah berhasil mengajak seorang guru kimia mereka di SMA Binus Serpong untuk menjadi kontributor.

Dalam setahun, MejaKita mempunyai target untuk mendapatkan 2 juta pengguna. Hal ini merupakan sebuah target yang cukup ambisius, mengingat berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS), angka tersebut sama dengan jumlah seluruh pelajar SMP di DKI Jakarta dan Jawa Barat. Ke depannya MejaKita juga akan membuat aplikasi mobile untuk Android dan iOS, namun mereka tidak menyebutkan apakah nantinya akan bekerja sama lagi dengan Dicoding atau tidak.


Situs MejaKita sebenarnya tak jauh berbeda dengan situs belajar online lainnya seperti Kelase dan KelasKita. Namun karena dibuat oleh para pelajar, maka materi dan tanya jawab yang terjadi di dalamnya pun merupakan apa yang biasa mereka diskusikan di sekolah. Apabila 10 pelajar ini berhasil mengajak teman-teman mereka sesama pelajar untuk menggunakan MejaKita, tidak mustahil kalau platform ini nantinya bisa mendapat cukup banyak pengguna.

MejaKita juga menarik karena ide pembuatannya yang berasal dari para siswa SMA. Kita jadi bisa mengetahui kalau semangat untuk membuat startup tidak hanya dimiliki oleh para orang dewasa dan para mahasiswa saja. Semoga saja semangat ini juga bisa berubah menjadi solusi yang bermanfaat bagi banyak orang.

BacaAku:   Fakta Seorang Miliarder Masih Bekerja Meskipun Memiliki Banyak Uang

Original Konten: id.techinasia

MejaKita – Platform Belajar Online Untuk Membantu kerjakan PR
Pilih Kategori