php hit counter
Mau Keliling Dunia? Pelajari Dulu Hal Ini
Mau Keliling Dunia? Pelajari Dulu Hal Ini

Jika Anda seorang traveler dunia atau berencana untuk melakukan perjalanan ke belahan dunia lain, tips ini akan sangat berguna untuk Anda.

Jika Anda seorang traveler dunia atau berencana untuk melakukan perjalanan ke belahan dunia lain, tips ini akan sangat berguna untuk Anda.

1. Kemas sedikit barang, tapi tetap bawa benda penting

Seringkali kita membuat kesalahan dalam berkemas karena memasukan terlalu banyak barang. Padahal, seringkali tidak  semua barang yang dikemas akan digunakan dan justru malah menambah beban. Sebaliknya, kemaslah barang-barang dalam tas yang bisa selalu Anda bawa dengan mudah kemana pun. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah bergerak dari satu lokasi ke lokasi lain dan membuat perbedaan besar dalam perjalanan panjang Anda. Benda penting yang sebaiknya selalu Anda bawa setiap waktu adalah konverter. Sebab, beda negara, bisa beda pula stop kontak dan tegangan listrik, membawa konverter adalah kunci untuk menjaga peralatan elektronik Anda tetap terisi dayanya sepanjang waktu

2. Buat prioritas tidur

Melakukan perjalanan melintasi berbagai zona waktu tanpa cukup waktu untuk tidur bukan hanya ide buruk, tetapi hal itu juga dapat mengganggu keselarasan tubuh dan pikiran Anda. Cukupilah waktu tidur di manapun Anda bisa tidur. Ada baiknya membawa penutup mata untuk membuat Anda tertidur lebih cepat. Bisa juga menggunakan aplikasi Jetlag Rooster, yang dapat membantu Anda untuk menyesuaikan diri terhadap zona waktu baru. Tidak menganggap serius prioritas tidur akan membuat Anda seperti berada di dimensi lain. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

3. Bersiaplah untuk makan apa saja… dan sakit

Kenyataannya, kadang-kadang Anda akan menyukai makanan di suatu tempat, terkadang tidak. Akan ada  cita rasa makanan yang mungkin tidak familiar dengan lidah Anda. Mungkin juga Anda akan sakit perut setelah makan makanan yang terlalu pedas jika sebelumnya Anda tak biasa makan makanan pedas. Tapi, anggaplah makanan termasuk bagian dalam petualangan. Jika tidak suka makanan di suatu tempat, Anda bisa mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah. Jangan lupa untuk tetap minum banyak air. Lihat saja sisi positifnya, jika tidak menyukai makanan di suatu daerah, mungkin berat badan Anda akan turun beberapa kilogram selama perjalanan.

BacaAku:   Kamu Ingin Menikah? Pelajari Dulu Hal Ini

4. Bekerja sebagai tim

Kecuali Anda melakukan perjalanan solo, usahakan selalu membagi tugas antara Anda dan teman seperjalanan. Dengan begitu Anda akan lebih hemat waktu dan uang. Beberapa pasangan memilih mendiskusikan dan menentukan segala hal bersama-sama, tetapi akan efisien jika Anda menyelesaikan hal-hal yang bisa Anda lakukan dan tidak bisa dilakukan teman lain, dan sebaliknya. Karena mungkin beberapa orang pandai mendapatkan harga terbaik dalam memesan tiket atau hotel, sementara beberapa yang lain pandai mengatur logistik dan merencanakan hal-hal yang akan dilakukan selama perjalanan.

5. Bersiap terhadap kemungkinan cuaca

Bersiaplah untuk segala kemungkinan cuaca. Jika Anda pergi ke London, misalnya, sebaiknya bawalah jaket dan payung kecil. Benda penting lain yang sebaiknya dibawa sepanjang waktu adalah sunblock  dan topi. Perlindungan terhadap kulit sangat penting saat berjalan di luar.

6. Gunakan transportasi umum selama tersedia

Kota besar biasanya memiliki sistem transportasi umum yang baik. Ambil keuntungan dari hal tersebut. Gunakan kereta atau bus selama masih bisa, itu akan menghemat waktu dan banyak uang. Cobalah menggunakan aplikasi Citymapper, yang menyediakan berbagai informasi tentang angkutan umum di kota-kota besar di dunia. Jangan lupa, pakai sepatu yang nyaman untuk digunakan untuk berjalan jarak jauh.

7. Berpikirlah terbuka dan tunjukkan respek

Jika Anda berencana melakukan perjalanan karena ingin menikmati budaya berbeda dari berbagai negara, berpikirlah terbuka dan tunjukkan rasa hormat dan menghargai. Tergantung pada negara yang Anda kunjungi, beberapa hal akan berbeda, bahkan mungkin tampak aneh. Anda akan mengalami berbagai gegar budaya. Sebaiknya Anda tidak memiliki ekspektasi berlebih, untuk menghindari potensi kekecewaan. Nikmati saja kejutan-kejutan yang akan Anda temui selama di perjalanan. Ingatlah selalu bahwa Anda sedang berada di negara lain yang kemungkinan besar memiliki budaya dan peraturan berbeda, jadi tunjukkan respek dan berusahalah menjadi tamu yang baik.

BacaAku:   Mendapatkan Kebahagiaan Tidak Perlu Memiliki Segalanya

(Lutfi Fauziah/Sumber: Huffington Post| Original Content: nationalgeographic)

Mau Keliling Dunia? Pelajari Dulu Hal Ini
Pilih Kategori