php hit counter
Mau Cari Tempat Inspirasi Untuk Ide Bisnis ? Ini Dia Rekomendasinya Untuk Anda
Mau Cari Tempat Inspirasi Untuk Ide Bisnis ? Ini Dia Rekomendasinya Untuk Anda

Ada banyak tempat bagi Anda untuk bisa menemukan ide bisnis yang kreatif dan unik, kunjungi tempat tersebut dan mulai berbisnis.

Menemukan ide untuk memulai bisnis atau mengembangkan bisnis sebenarnya bukanlah hal mudah. Hal tersebut menjadi semakin sulit karena cara berpikir atau cara pandang seseorang terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan duduk berjam-jam di meja kerja, sambil membaca buku atau menelusuri dunia maya bisa mendatangkan ide bisnis. Selain itu, berbincang dengan orang-orang yang menggeluti bisnis, Anda pun bisa ikut ketularan kreatif untuk memulai berbisnis. Beberapa tempat berikut bisa mendatangkan ide untuk memulai bisnis atau mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalani.

Mengikuti komunitas bisnis

Ada pepatah yang menyebutkan bahwa “Jika Anda bergaul dengan pedagang minyak wangi, maka Anda pun bisa ketularan wangi dari parfum yang dijualnya tersebut”. itu artinya, lingkungan tempat Anda berada bisa secara langsung memengaruhi Anda. Jika Anda mencari lingkungan pebisnis, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan berada di antara orang-orang yang memiliki bisnis. Sekarang ini sudah banyak komunitas wirausaha yang berkembang di masyarakat. Langkah pertama, Anda bisa bergabung dengan mereka yang kemudian dapat menambah pengetahuan tentang bisnis, juga bisa memompa semangat Anda dalam berbisnis.

Lingkungan di sekitar rumah

Seberapa sering Anda mengamati aktivitas bisnis di sekitar rumah Anda. Seberapa sering Anda mengamati kemajuan sebuah bengkel langganan Anda? atau toko sembako tempat istri Anda belanja untuk kebutuhan sehari-hari.  Salah satu prinsip bisnis yang paling terkenal dan banyak digunakan oleh pebisnis yang sukses adalah Amati, Tiru, dan Modifikasi (ATM). Bahkan, prinsip yang dipegang teguh masyarakat Cina ini mengajarkan untuk terus berpikir kreatif menciptakan peluang bisnis.

BacaAku:   Tips Hemat Membangun Rumah Impian Anda

Bisa juga menemukan ide bisnis di kantor

Jika Anda seorang karyawan, Anda seharusnya sudah bisa mengamati kehidupan di lingkungan tempat kerja Anda. Cari tahu apa kebiasaan para karyawan, apa yang mereka butuhkan dan sulit mereka dapatkan di tempat kerja. Jadikan itu sebagai ide untuk menciptakan peluang bisnis. Jadi, seperti kata pepatah “sambil menyelam minum air” dimana Anda bisa meraup dua keuntungan sekaligus. Anda mendapat gaji dari perusahaan, dan juga penghasilan tambahan dari bisnis Anda.

Tempat perbelanjaan

Apa inspirasi yang bisa didapat dari supermarket? Bila anda pecinta kuliner atau hobi memasak, dengan melihat bahan-bahan baku yang tersaji disana anda mungkin terpikirkan untuk membuat resep atau meracik makanan yang bisa dijual. Bila memiliki minat dan menjadi pengamat dalam bidang agrobisnis, Anda melihat komoditi tertentu yang belum ada di supermarket tersebut dan punya data petani yang memiliki ketersediaan komoditinya. Dengan begitu, Anda mungkin terinspirasi untuk memposisikan diri menjadi penghubung dan penyalur komoditas tertentu ke supermarket tersebut.

Bisa juga mendapat ide bisnis di sekolah

Bila Anda adalah orang tua yang bertugas untuk mengantar anak sekolah, inspirasi bisa muncul saat anda sedang berada di sekolah. Terutama bila anda telah mengenal baik sesama orang tua murid dan guru. Pengadaan alat tulis, kertas, mesin fotokopi, seragam olahraga, seragam guru, kantin, penawaran les privat adalah beberapa petunjuk yang dapat dikembangkan menjadi sebuah peluang.

Anda bisa mendapat ide bisnis dari tempat liburan

Waktu liburan adalah waktu untuk bersenang-senang, namun ada baiknya juga untuk tetap membuka mata terhadap adanya kemungkinan peluang yang bisa dimanfaatkan sebagai bisnis. Inspirasi bisnis bisa muncul misalnya saat anda berlibur kesuatu tempat dan menemukan souvenir-souvenir kreasi baru yang bernilai tinggi namun belum terekspos secara luas dan pengrajin memang terkendala karena tidak tahu bagaimana pemasaran. Saat itu anda harus memikirkan untuk mengambil peluang tersebut dan memposisikan diri untuk bekerja sama dalam hal pemasaran.

BacaAku:   Strategi Sukses Bangun Startup Untuk Pemula

Itulah beberapa tempat ideal bagi anda untuk menemukan inspirasi dan ide untuk bisnis. Hal penting yang harus diingat adalah apapun ide yang muncul dan kemudian layak diproses menjadi sebuah konsep usaha tentunya harus mengandung nilai jual dan dibutuhkan. Kemudian kembangkan ide kreatif untuk menciptakan bisnis yang berbeda. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya!

Mau Cari Tempat Inspirasi Untuk Ide Bisnis ? Ini Dia Rekomendasinya Untuk Anda
Pilih Kategori