php hit counter
Mau Berpromosi Lewat Sosial Media? Pelajari Dulu Hal Ini !
Mau Berpromosi Lewat Sosial Media? Pelajari Dulu Hal Ini !

BacaAku.com-Saat ini sosial media tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Beberapa tahun lalu, media belum dikenal oleh masyarakat rata-rata ke bawah. Namun, sekarang media sosial sudah berkembang dan bisa dijangkau oleh masyarakat luas.

Sebagai konsumen, pasti menginginkan kemudahan juga ketika melakukan pembelian. Nah, sekarang ini banyak sekali produsen yang menggunakan akses media sosial untuk menjajakan dagangan mereka.

Melalui penjualan online, menjual produk menjadi semakin mudah, tetapi jika Anda tidak bisa mengelola marketing tentu saja tidak akan bisa menjaring para pembeli. Hal inilah yang perlu menjadi tantangan promosi melalui Media Sosial. Berikut delapan tantangan yang perlu Anda hadapi, dikutip dari Cermati.com.

Market

Kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang membuat Anda harus lebih keras lagi dalam mengembangkan sistem marketing. Dulu berwirausaha memang masih dalam ruang lingkup yang kecil dan terbatas. Namun, kali ini sudah berbeda dengan banyaknya kebutuhan yang meluas, seperti lifestyle, kuliner, atau kecantikan. Anda bisa mengembangkan market hingga ranah tersebut, tetapi tetap pada tujuan perusahaan.

Jangan Menyamaratakan Konsumen

Perekonomian setiap orang berbeda, kebutuhan mereka berbeda, dan mindset mereka juga berbeda. Ketika Anda menjajakan produk di sosial media, Anda juga perlu tahu target pembeli Anda. Tidak mungkin Anda menawarkan produk dengan harga mahal kepada masyarakat ekonomi rendah. Perhatikan mindset mereka terhadap barang yang Anda jual.

Channel

Dalam menjual produk melalui Sosial Media, Anda harus mempunyai channel yang luas untuk bisa mengembangkan produk Anda. Anda harus akrab dengan konsumen melalui facebook atau twitter. Buat konsumen setidaknya menuliskan opini mereka mengenai produk dari Anda di sosial media mereka.

Media

Alat inilah yang bisa membantu Anda mengembangkan market pasar suatu bisnis. Dengan media, Anda bisa memberikan informasi yang lebih banyak dan persuasif kepada khalayak. Dengan begitu mereka akan lebih mengetahui produk Anda.

BacaAku:   Update Social Media Terpopuler di Dunia April 2016

Uang

Sebelum melakukan promosi yang lebih jauh lagi. Pastikan budget Anda cukup untuk biaya promosi. Anggarkan dulu untuk usaha Anda baru Anda bisa mengatur budget promosi Anda melalui media sosial.

Pengukuran

Setelah Anda mendapatkan jejaring konsumen di media sosial, selanjutnya Anda perlu mengukur bagaimana kelanjutan usaha Anda. Lakukan pengukuran terhadap konsumen dan brand produk. Ketika Anda sudah mendapatkan brand di masyarakat pasti akan dibicarakan di dalam forum online. Dengan cara demikian, usaha Anda bisa berkembang melalui konsumen satu ke konsumen lain.

Testimoni Dari Konsumen

Selain Anda mengenalkan produk melalui jaringan Anda sendiri, Anda juga harus bisa membuat konsumen melontarkan testimoni atas produk yang dibeli dari Anda. Testimoni tersebut akan menjaring konsumen lain untuk ikut melihat produk Anda.

Kecepatan Respon

Pembeli adalah raja. Konsumen membutuhkan pelayanan yang baik, terutama respon yang baik dan cepat. Sebagai penjual, Anda harus bisa melayani pembeli dengan cepat agar mereka nyaman berbelanja pada Anda.

Rencanakan Strategi Untuk Mempromosikan Bisnis

Dalam melakukan penjualan atau berwirausaha, langkah marketing inilah yang paling sulit dilakukan. Selain Anda harus fokus pada perkembangan dan keunggulan produk, Anda juga harus melayani konsumen agar produk tersebut bisa berkembang hingga ke tempat yang lebih luas. Oleh karena itu buat dan lakukan strategi yang tepat.

Mau Berpromosi Lewat Sosial Media? Pelajari Dulu Hal Ini !
Pilih Kategori