php hit counter
Kutipan Untuk Para Startup Dari The Wire
Kutipan Untuk Para Startup Dari The Wire

Saya orangnya tidak mudah percaya pada suatu hal. Namun ada satu yang saya yakini sepenuh hati: semua orang harus menyaksikan The Wire, serial drama TV arahan David Simon.

The Wire, yang mengisahkan kehidupan di salah satu sudut kota Baltimore, mungkin bukanlah serial orisinal HBO yang dikemas penuh aksi atau yang paling menarik. Namun serial ini mengandung banyak pelajaran yang bisa kita petik.

Karena melibatkan kehidupan pengedar narkoba—yang bisa kita sebut sebagai entrepreneurkriminal—serial ini punya beberapa kutipan yang relevan dengan pendiri startup yang sedang membangun bisnisnya untuk menjadi sukses.

Tidak percaya? Kamu bisa petik pelajarannya langsung dari ucapan para karakter The Wire.

Catatan: Daftar kutipan di bawah ini, layaknya acara tersebut, mengandung perkataan kasar maupun menyinggung. Kendati saya telah menghilangkan beberapa kutipan berbau rasial, jika tulisan ini membuat kamu tidak nyaman, saya sarankan agar segera meninggalkan artikel ini.

Kami sedang merekonstruksi sesuatu, di sini, detektif, kami membangunnya dari awal. Semua bagian itu penting.

(Lester Freamon, S01E06)

Freamon sedang membicarakan rekonstruksi kasus pembunuhan. Perkataan bahwa “setiap bagian (aspek) itu penting” memiliki maksud yang relevan dengan usaha kamu dalam membangun startup.

Jika kamu hanya fokus pada aspek teknologi tanpa memikirkan aspek pemasaran, mungkin saja kamu bisa gagal. Sama halnya jika kamu hanya fokus pada aspek pemasaran tanpa berpikir untuk membangun produk yang baik, kesuksesan akan sulit untuk diraih.

Selain itu, kamu juga perlu memikirkan aspek lain seperti pengalaman pengguna, budaya di tempat kerja, menyenangkan investor, berurusan dengan regulasi lokal, dan lain sebagainya.

Merepotkan memang. Namun kamu sendiri yang memutuskan untuk membangun startup, bukan? Setiap aspek itu penting. Jika kamu hanya bertumpu pada satu pemikiran dan mengabaikan tujuan utama—yaitu apa yang sedang kamu bangun—kamu tak akan mampu meraih kesuksesan.

Jika ada yang mempertanyakan seberapa besar pengorbananmu, katakan pada mereka kalau nyawamu adalah taruhannya. Mengerti?

(D’Angelo Barksdale, S01E12)

Ketika kamu membangun startup, kamu harus mendedikasikan diri sepenuhnya. Kamu bisa mulai membangun perusahaan sebagai bagian dari proyek sampingan, namun terkadang dalam situasi tertentu kamu harus berani mengambil risiko.

Coba pikirkan hal ini baik-baik: Jika kamu kurang yakin untuk mencurahkan seluruh waktu kamu, mengapa investor harus yakin untuk menanamkan modalnya di perusahaan kamu? Apa yang dikatakan D’Angelo mengenai persaingan narkoba juga berlaku dalam duniastartup: Totalitas atau tidak sama sekali.

Dan, kalau kamu ingin agar orang lain percaya pada apa yang kamu kerjakan, hal pertama yang harus mereka lihat adalah keseriusan kamu dan komitmen kamu terhadapnya.

D'Angelo menceramahi Wallace

D’Angelo menceramahi Wallace

Apa sih yang ingin kau dengar? Kalau kau mampu melakukan semua ini sendirian?

(Walon, S01E10)

Berapa banyak startup yang mampu berkembang besar dengan tim kecil? Ada Instagram, yang terjual ke Facebook dengan nilai US$1 miliar (sekitar Rp13 triliun) walau hanya digawangi 14 orang. Namun mereka adalah pengecualian, bukan jawaban dari pertanyaan di atas.

Menambah pegawai baru ke dalam tim utama kamu memang tak mudah, alasannya mungkin karena sulitnya mencari pegawai yang mampu menjunjung nilai perusahaan dengan baik. Atau kamu mungkin merasa telah menjalin hubungan erat dengan rekan kerja yang lain sejak masa-masa bootstrap.

Namun, kamu tak bisa melakukannya sendiri. Penting untuk mengingat hal tersebut. Kamu harus tahu kapan waktunya untuk berkembang. Dan yang paling penting kenali siapa anggota tim yang berkontribusi pada perkembangan perusahaan, lalu berikan mereka penghargaan yang sesuai.

Kalau kau tak mampu memenangi perang narkoba di penjara, di mana lagi kau akan memenangkannya?

(Warden, S02E04)

BacaAku:   6 Hal Yang Harus Dan Wajib Dimiliki CEO Startup

Startup kamu mungkin tak ada kaitannya dengan narkoba atau penjara, namun cobalah untuk sedikit memahami maksud perkataan Warden di atas: Kamu harus fokus berjuang di pasar yang kamu kuasai terlebih dulu.

Lagipula, jika kamu tak mampu berhasil di tempat yang kamu kuasai, bisa jadi kamu juga tak akan berhasil di tempat lain. Bisa juga diartikan agar kamu fokus pada pasar paling dekat dengan lokasi kamu, atau fokus terhadap produk utama yang kamu kuasai. Meskipun pada akhirnya kamu juga berkeinginan merambah pasar yang lain.

Pusatkan perhatian kamu di wilayah yang kamu kuasai, raihlah kesuksesan di sana sebelum kamu beralih ke pasar berikutnya.

Kau tahu apa yang paling berbahaya di Amerika, kan? Orang kulit hitam yang punya kartu perpustakaan.

(Brother Mouzone, S03E10)

Brother Mouzone adalah bukti bahwa pengetahuan adalah kekuatan. Dan tentu, hal ini juga berlaku bagi dunia startup di manapun ia berada.

Kamu mungkin mengambil keputusan hanya beralaskan firasat atau naluri yang membuatmu berpikir: “Hey, gagasan ini pasti berhasil.”

Namun, semua itu bukan didasari oleh penelitian aktual maupun data yang solid. Jika kamu sungguh-sungguh ingin menjadi startup yang paling “ditakuti” di wilayah kamu, banyak-banyaklah membaca. Sehingga kamu dapat mempelajari seluk beluk mengenai dunia teknologi, pasar, target konsumen kamu, dan lain sebagainya.

Kau cuma punya satu peluang terbaik

Kau cuma punya satu peluang terbaik

Kamu boleh saja melawan yang terbaik, tetapi peluangmu cuma sekali.

(Omar Little, S01E08)

Ketika kamu memutuskan untuk membangun startup, itu artinya cepat atau lambat kamu harus bersaing langsung dengan startup yang lebih besar di ranah yang sama.

Dan seperti yang diucapkan Omar, kamu boleh saja melawan yang terbaik, tapi peluangmu cuma sekali. Alibaba, yang tergolong baru, mampu mengalahkan eBay di pasar Cina. Namun ada banyak contoh startup di luar sana yang sebetulnya punya cukup kekuatan untuk mengalahkan perusahaan yang lebih besar. Sayangnya mereka gagal.

Startup pada dasarnya bersifat mobile dan fleksibel ketimbang perusahaan besar. Seperti itulah caranya jika kamu ingin mengalahkan perusahaan besar—dengan cara menangkap peluang atau berinovasi pada hal yang luput dari perhatian mereka, kemudian memacustartup kamu untuk mendahului mereka.

Namun jika kamu gagal pada peluang pertama, kamu mungkin tak akan mendapat peluang kedua. Sebab perusahaan besar telah menyadari langkah kamu. Dengan segala sumber daya yang mereka miliki, mereka dapat menyelesaikan masalah dengan lebih baik, sehingga kamu akan makin sulit untuk mengejar mereka.

Ervin Burrel

Ervin Burrell

Jika Tuhan mempermainkanmu, cari cara untuk membalas mereka. Ini Baltimore, bung; Tuhan tak akan menyelematkanmu.

(Ervin Burrell, S03E03)

Dunia startup kurang lebih seperti Baltimore, yaitu tempat yang tak kenal ampun. Jika kamu hanya mengandalkan keberuntungan (atau kasih Tuhan), mungkin kamu pada akhirnya hanya akan menelan kekecewaan.

Meskipun kamu mendapat limpahan dana yang terus-menerus dikucurkan para investor, jangan sampai terlena. Sebab kamu tak bisa selamanya bergantung pada kebaikan mereka itu.

Kadang kala, masa-masa sulit datang menghampiri, dan jika kamu tak mampu menciptakan peluang kamu sendiri, kamu akan sulit bersaing di dunia ini.

Rasanya seperti suhu empat puluh derajat di suatu hari. Tak akan ada orang yang memedulikan, apalagi mengingatnya.

(Stringer Bell, S03E03)

BacaAku:   Kat Cole Pegusaha Sukses Roti Kelas Dunia Yang Berasal Dari Keluarga Miskin

Stringer Bell adalah salah satu karakter The Wire yang punya banyak kutipan menarik. Namun mungkin idiom empat puluh derajatnya adalah yang paling sesuai dengan duniastartup.

Jika kamu bekerja di perusahaan pada umumnya, kamu mungkin tak akan keberatan dengan beban dianalogikan seperti suhu empat puluh—pekerjaan yang cukup baik, namun tak menghasilkan sesuatu yang signifikan.

Namun, di startup, hal tersebut jelas tak akan berhasil. Agar kamu dapat merengkuh kesuksesan, kamu harus berusaha melakukan pekerjaan yang lebih dari tugas kamu sehari-hari. Di dunia startup, cara kerja empat puluh hanya akan membuatmu bertahan hingga hari esok.

Namun usaha yang besar, bukan usaha rata-rata, adalah hal yang harus kamu lakukan untuk dapat bertahan dan meningkatkan level startup kamu dari kompetitor. Terlalu banyak usaha40 derajat akan berakibat buruk bagi startup, sama halnya seperti yang terjadi pada kru narkoba Stringer.

Stringer Bell

Stringer Bell

Orang bijak tak akan meruntuhkan jembatannya, hingga ia tahu bahwa ia dapat membelah lautan.

(Norman Wilson, S04E11)

Ahli strategi politik paling diingat di serial The Wire ini mengucap kalimat penuh makna ini di musim tayang keempat. Kutipan ini dapat diterapkan pada berbagai aspek kehidupan, khususnya startup.

Jika kamu sudah meraih kesuksesan, akan tampak mudah untuk memutuskan tali hubungan yang telah kamu jalin.

Kamu mungkin berpikir: “Kenapa saya harus repot membalas e-mail dari investor antah-berantah, ketika saya saya sudah digaet oleh investor terkemuka seperti Sequoia Capital dan Tiger Global?”

Roda kehidupan pasti berputar. Investor antah-berantah atau rekan bisnis yang kamu abaikan tersebut mungkin adalah orang yang kamu butuhkan di masa yang akan datang, ketika bisnismu sedang mengalami kesulitan.

Kecuali kamu mampu membelah lautan—yang mana adalah mustahil—jangan runtuhkan jembatan yang telah kamu bangun. Bukan berarti kamu harus menerima tawaran dari investor tidak tersohor tersebut, namun kamu harus belajar untuk membalas surat mereka dan mengatakan, “Terima kasih atas penawarannya, namun saat ini saya belum membutuhkannya. Tetapi kita bisa terus berhubungan.”

Pekerjaan tak akan bisa menyelamatkanmu

Pekerjaan tak akan bisa menyelamatkanmu

Pekerjaan ini tak akan menyelamatkanmu, Jimmy. Hidupmu tak akan sempurna hanya karena pekerjaan ini. Pekerjaan ini hanya bagian kecil dari kehidupanmu.

(Lester Freamon, S03E09)

Terakhir, sedikit nasihat: Pekerjaan di startup, sama halnya dengan pekerjaan di kepolisian. Terkadang dapat sangat melelahkan.

Kamu harus menyelesaikan suatu pekerjaan yang mendesak, hingga kamu menghabiskan dua hari di kantor tanpa sempat pulang atau mandi. Hal ini bisa terjadi pada semua orang, kapan saja. Namun jangan sampai ini menjadi kebiasaan.

Untuk menjadi pemimpin yang baik, kamu juga harus mampu memberi teladan. Contohnya, kehidupan kerja dan pribadimu haruslah seimbang. Kamu juga harus mampu mengajak para pegawai untuk menerapkan hal serupa.

Pekerjaan di startup mungkin adalah passion dan hal paling penting dalam hidup kamu saat ini. Namun pekerjaan tersebut tak akan menyelamatkan hidupmu. Ingat kembali apa yang dikatakan Freamon. Sempatkanlah dirimu untuk mencari kebahagian di tempat atau hal lain.

Kutipan Untuk Para Startup Dari The Wire
Pilih Kategori