php hit counter
Keuntungan dan Manfaat Berinvestasi Sejak Muda | image of google
Keuntungan dan Manfaat Berinvestasi Sejak Muda | image of google

Andri senyam-senyum sendiri setelah membaca bbm dari manajer investasinya. Kepo ya? Jadi gini loh, setahun yang lalu Andri memutuskan untuk mulai berinvestasi dengan bantuan seorang manajer investasi dari salah satu bank swasta.

Hasilnya gak sia-sia, modal yang udah Andri sisihkan dari sebagian tabungannya untuk investasi mulai memberikan hasil yang lumayan. Jadi semangat deh ngelanjutin investasinya. Asek bisa nikah bentar lagi nih hahaha.

Emangnya gak takut ya masih muda udah mainan investasi? Kenapa harus takut. Justru investasi harus dimulai seawal mungkin.

Nah gini nih kalau kudet, pasti tahunya merencanakan keuangan itu cuma sebatas menabung ya. Gak salah sih dengan kebiasaan menabung, tapi alangkah baiknya kalau dibarengi juga dengan kesadaran berinvestasi. Yang aman ya tentunya.

Masih ragu dengan manfaat investasi sejak usia muda bisa mengamankan kondisi finansial kamu di masa mendatang? Kalau gitu simak dulu deh yang berikut ini:

BacaAku:   Fakta Seorang Miliarder Masih Bekerja Meskipun Memiliki Banyak Uang

1. Punya dana cadangan

Tahu gak sih kalau lewat investasi, selain menyiapkan dana untuk tujuan keuangan kamu di masa mendatang, kamu juga jadi punya dana cadangan. Semisal nih kamu ikutan investasi emas batangan atau perhiasan.

 

investasi sejak muda

Daripada habisin uang buat pedekate tapi gak ada yang jadi pacar mending nabung emas hehehe

Nah, saat tiba-tiba kamu butuh dana, emas batangan atau perhiasan yang kamu miliki itu bisa banget dijual loh.

2. Menyelamatkan dari perilaku boros

Dengan berinvestasi, mau gak mau kamu jadi punya kewajiban untuk menyetorkan sejumlah uang setiap bulan. Secara gak langsung hal ini bisa membantu kamu mengendalikan gaya hidup yang boros, foya-foya atau membeli barang-barang yang sebenarnya gak kamu butuhkan.

Tanamkan di benak kamu bahwa uang yang kamu alokasikan buat investasi akan berbuah manis ketimbang cuma habis buat nongkrong di cafe setiap weekend atau beli sepatu Nine West model terbaru.

3. Membantu belajar mengatur keuangan

Setiap habis terima gaji bulanan, kamu akan langsung menyisihkan sebagian untuk investasi. Entah itu reksa dana, saham atau emas. Sisanya baru deh kamu bisa gunakan buat kebutuhan yang lain.

Mau gak mau kamu akan jadi lebih bijak mengalokasikan gaji atau penghasilan yang diterima setiap bulan ke dalam posnya masing-masing.

4. Mampu mengatur skala prioritas

Dengan kebiasaan mengatur keuangan, kamu jadi terbiasa memilah mana kebutuhan dan mana keinginan. Mana yang harus didahulukan, mana yang bisa ditunda dan mana yang gak perlu.

investasi sejak muda

Beli, gak, beli, gak, beli aja deh! Eyaaaa padahal di lemari baju banyak yang gak dipake juga sih!

Alur masuk dan keluarnya uang kamu sangat jelas dan terlacak digunakan untuk apa saja dan berapa. Saat kamu ngerasa sudah melanggar aturan atau kelewat boros, kamu bakalan langsung tahu dan bisa memperbaiki.

5. Alternatif aman dibandingkan berbisnis

Usia muda emang rentan sama yang namanya coba-coba, termasuk juga nyobain bikin bisnis. Tapi hati-hati, mendirikan bisnis dan menjalankannya itu sama sekali gak mudah.

Banyak contoh sukses anak muda yang membuka bisnisnya sendiri, sebut saja Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden RI Jokowi dengan Markobarnya. Gak sedikit juga yang harus gulung tikar dan terjerat utang.

Investasi bisa jadi alternatif untuk memutar atau mengembangkan uang buat anak muda. Apalagi saat ini pilihan instrumen investasi sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kocek.

Contoh investasi yang sedang mulai digandrungi oleh para anak muda adalah reksa dana. Selain mudah, returnnya pun lumayan banget.

6. Jadi makin mandiri secara finansial

Setelah kamu sudah terbiasa dengan mengatur keuangan sendiri dengan baik, mendapatkan return yang lumayan dari investasi dan sekaligus memiliki dana cadangan, artinya apa hayo? Ya artinya kamu sudah bisa disebut sebagai seseorang yang mandiri secara finansial.

investasi sejak muda

Aku bebaaaassss, bebas utang, bebas dari rasa khawatir kurang uang walau masih jomblo eyaaa

Gak bergantung kepada siapapun dalam masalah keuangan. Bahkan kamu bisa saja membantu orangtua kalau mereka sedang membutuhkan.

7. Membantu menyiapkan masa depan yang lebih baik

Tujuan utama kamu berinvestasi pastinya ingin memiliki masa depan yang mapan secara finansial kan. Suatu saat nanti kamu pasti ingin memiliki hal-hal seperti rumah, kendaraan atau wisata ke luar negeri bersama keluarga.

Lewat investasi, uang yang sudah kamu sisihkan akan beranak-pinak, berbeda dengan menabung. So, sudah pasti masa depan kamu terjamin dan aman dari rasa khawatir akan kekurangan uang.

Siapa tahu juga kamu ingin pensiun di usia 40 tahun lalu menggunakan uang hasil investasi untuk membuka usaha sendiri, ya siapa yang tahu ya kan.

Nah, buat kamu yang merasa masih muda dan produktif, tunggu apalagi? Kalau memang masih ragu akan manfaat investasi sejak usia muda, cari-cari informasi lagi dong. Konsultasikan juga dengan mereka yang memang pakar di bidang investasi biar kamu juga gak salah pilih.

 

investasi sejak muda

Mbak, bapaknya jual gula ya? Mbaknya manis banget gitu eyaaa

Banyak jalan menuju Roma kok, siapa sih yang gak ingin masa depannya cemerlang, investasi sejak muda bisa menjadi salah satu jalannya loh! So, tunggu apalagi.

Original Konten: blog.duitpintar

Image Credit:

  • https://uangteman.com/blog/wp-content/uploads/2015/05/Kredit-Emas-Batangan.jpg
  • http://cdn-media.viva.id/thumbs2/2011/12/30/138119_diskon-akhir-tahun-di-senayan-city_663_382.jpg
  • https://www.futuready.com/images/article/large/Menuju-Mandiri-Secara-Finansial.jpg
  • http://41.media.tumblr.com/97d0dfcbe947723141f60720ce41d2b1/tumblr_ngvpm5PZKL1u6o3o7o1_1280.jpg
Keuntungan dan Manfaat Berinvestasi Sejak Muda
  • nurul fazira

    FBS Indonesia Broker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami trading forex fbsindonesia.co.id
    —————
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    —————
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :

    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

  • nurul fazira

    FBS Indonesia Broker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami trading forex fbsindonesia.co.id
    —————
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    —————–
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :

    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

Pilih Kategori