php hit counter
Investasi Ibu Rumah Tangga Untuk Membantu Keluarga Anda
Investasi Ibu Rumah Tangga Untuk Membantu Keluarga Anda

Kiat Melakukan Investasi bagi Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga adalah salah satu orang yang memiliki potensi investasi yang besar. Mengapa? Karena ibu rumah tangga biasanya sudah fasih dalam mengatur keuangan. Tapi jika ibu rumah tangga ingin melakukan investasi yang perlu dilakukan adalah mempelajari menganai investasi, mulai dari cara kerjanya dan juga resiko sebelumnya.

Akan tetapi sebelum semuanya dilakukan yang paling penting bagi ibu rumah tangga adalah kemampuannya untuk memperketat pengeluaran keluarga. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa diikuti ibu rumah tangga untuk memulai berinvestasi.

Memperketat keuangan

Ibu rumah tangga adalah orang yang bertugas untuk mengatur semua biaya keluar masuk di dalam keluarganya. Jika ibu ingin melakukan investasi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membatasi pengeluaran dari keluarga. Ibu tentunya tidak boleh menggunakan uang kebutuhan sehari hari untuk melakukan investasi. Investasiboleh saja merupakan suatu hal yang menggiurkan dan memiliki iming iming menghasilkan banyak uang. Akan tetapi jangan lupa jika dari investasi anda juga bisa kehilangan seluruh uang anda. Oleh karena itu menyisihkan uang untuk melakukan investasi adalah langkah yang lebih bijaksana daripada menggunakan uang untuk kebutuhan sehari hari.

Cara paling tepat untuk memperketat pengeluaran adalah dengan mencatat segala pengeluaran. Selain itu ibu rumah tangga harus bisa melakukan kontrol untuk mencegah pengeluaran pengeluaran yang sifatnya tersier seperti penggunaan listrik berlebihan, pembelian barang barang yang sifatnya tersier seperti smartphone dan juga benda tersier lainnya yang tidak mendesak.

Untuk dapat melakukan pencatatan secara aktif, ibu bisa memanfaatkan benda benda yang ada di sekitar ibu. Misalnya menggungkan ponsel yang selalu dibawa. Atau menggunakan aplikasi pencatatan pengeluaran. Dari aplikasi pencatatan tersebut, ibu bisa melakukan klasifikasi kebutuhan. Klasifikasi bisa berupa kebutuhan pokok, sosial dan juga investasi. Meskipun memperketat pengeluaran tapi jangan lupa untuk memberikan beberapa kelonggaran kecil agar tidak terlalu tegang.

BacaAku:   Cara Investasi Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Mengetahui kondisi kesehatan keuangan

Setelah melakukan klasifikasi kebutuhan, ibu bisa mellihat jumlah biaya kebutuhan pokok yang ibu miliki. Lihatlah apakah jumlah semua kebutuhan melebihi jumlah pendapatan yang dimiliki? Jika ya berarti kondisi keuangan keluarga berada di kondisi yang tidak sehat. Jika hal ini terjadi maka ibu tidak bisa meneruskan upaya untuk investasi. Namun jika ada celah untuk melakukan investasi hal ini akan sangat bermanfaat untuk keluarga.

Untuk tetap bisa melakukan investasi ibu harus berusaha menjaga keseimbangan keuangannya. Agar tetap dapat berinvestasi dan tetap dapat mencukupi kebutuhan hidupnya.

Reksa dana

Bagi ibu yang sedang belajar melakukan investasi, ibu bisa mencoba melakukan investasi reksa dana, reksa dana adalah sebuah investasi dengan resiko yang paling minim apabila dilakukan oleh orang yang masih awam dalam melakukan investasi.

Untuk memulai reksa dana hal ini sangat mudah, ibu hanya perlu mempersiapkan KTP dan juga buku tabungan. Setelah itu ibu cukup datang ke agen penjual reksa dana atau ke Manager Investasi. Namun sebelum datang ke Manager investasi pastikan bahwa ibu sudah memiliki pandangan mengenai jenis reksa dana mana yang akan ibu beli. Menentukan jenis invetasi yang sesuai dengan kebutuhan adalah hal yang sangat penting. Misalnya ibu akan ingin menyiapkan uang masuk SMP utnuk anak atau untuk masuk universitas atau bahkan untuk membeli rumah. Semuanya harus dipikirkan terlebih dahulu supaya investasi dapat dicairkan pada tempo waktu yang tepat.

Investasi Ibu Rumah Tangga Untuk Membantu Keluarga Anda
Pilih Kategori