php hit counter
Fakta Menulis Lebih Baik Ketimbang Mengetik
Fakta Menulis Lebih Baik Ketimbang Mengetik

BacAku.com-Menulis tangan jauh lebih memberi manfaat ketimbang menulis memakai keyboard komputer atau gadget. Studi menemukan bahwa orang-orang yang menulis tangan memiliki peningkatan kemampuan belajar yang lebih baik ketimbang melakukannya di papan keyboard.

Dijelaskan Kenneth Kiewra, psikolog edukasi, dari pengamatan terhadap siswa yang menulis catatan dengan tulisan tangan dan mengetik, ternyata berpengaruh pada daya tangkap siswa terhadap materi yang disampaikan. Siswa yang merangkumnya lewat tulisan tangan dapat menangkap pelajaran lebih baik. Hasil ini adalah temuan dari studi yang dilakukan Universitas Nebraska.

[su_pullquote]“Namun, hal ini tidak ditunjukkan saat membuat catatan dengan mengetik di laptop. Pelajar yang menulis di catatan menangkap pelajaran lebih baik daripada mereka yang mengetik,” kata Kiewra seperti dikutip laman Detik.[/su_pullquote]

Pada studi lain juga ditemukan kesimpulan yang hampir sama. Dari studi di Universitas Princeton dan Universitas California mendapati bahwa siswa yang menulis lewat goresan pena memiliki performa lebih baik di sekolahnya. Performa ini mengungguli dari mereka yang menulis lewat ketikan di komputer atau laptop. Selain itu, mereka yang menulis dengan tangan mampu belajar lebih baik, kuat dalam mengingat, dan gampang memahami ide baru.

Kiewra mengatakan jika menulis adalah cara baik untuk merangsang otak. Otak bisa membayangkan seperti apa ilmu berlangsung. Sementara itu, psikolog Universitas Harvard bernama Michael Friedman mengungkapkan, menuis merupakan proses dinamis yang mampu memroses berbagai hal yang didengar dari pikiran seseorang.

Fakta Menulis Lebih Baik Ketimbang Mengetik
Tagged on:                 
Pilih Kategori