php hit counter
Cara Mudah Cek Blog Mobile Friendly atau Belum  | Image of Google
Cara Mudah Cek Blog Mobile Friendly atau Belum | Image of Google

Cek blog anda di google mobile-friendly test tool sekarang juga sebelum terlambat, itulah sebenarnya judul yang ingin saya tulis, tapi karena terlalu panjang jadi saya singkat saja judulnya.

Kenapa saya mengatakan demikian ? seperti yang kita semua ketahui bahwa sebentar lagi atau tepatnya nanti pada 21 April, Google akan mengeluarkan algoritma terbarunya yang diberi nama Mobbilegeddon.

Ini bukan sekedar hoax atau isu belaka, karena telah diumumkan secara resmi melalui Official Google Blogyang diberitahukan pada artikel Finding More Mobile-friendly Search Results.

Inti dari artikel tersebut adalah memberitahukan akan ada peluncuran algoritma terbaru Google Mobilegeddon yang dimulai pada tanggal 21 April.

Tapi jika Anda sedang tidak punya banyak waktu untuk membaca artikel saya sebelumnya, bisa dimaklumi, jadi disini akan saya jelaskan sedikit tentang tujuan dan efek yang akan ditimbulkan dari peluncuran algoritma Mobilegeddon.

This change will affect mobile searches in all languages worldwide and will have a significant impact in our search results.

Dari pernyataan resmi yang dikeluarkan Google diatas, bisa disimpulkan bahwa efek dari Algoritma Google Mobilegeddon akan dirasakan oleh seluruh blog dengan berbagai bahasa di dunia, khususnya pada hasil pencarian yang dilakukan dari perangkat mobile.

[the_ad id=”1384″]

Seolah Google ingin benar-benar merombak susunan peringkat pada hasil pencarian, dimulai dari blog yang paling mobile-friendly sampai yang tidak mobile-friendly.

Lantas, setelah mengetahui semua itu, apa yang harus dilakukan ?

Ada dua pilihan yang bisa Anda ambil, mengikuti anjuran Google untuk merubah blog Anda menjadi mobile-friendly atau tetap mempertahankan desain lama yang tidak mobile-friendly dan bersedia menerima akibatnya.

Untuk yang memilih pilihan kedua, Anda boleh berhenti membaca artikel ini sampai disini, namun jika Anda memilih pilihan pertama, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan guna ‘menghadapai’ algoritma Mobilegeddon.

BacaAku:   Latihan Pengetahuan Anda Tentang Pemprograman

1. Cek Blog Anda di Google Mobile-Friendly Test Tool

Google Mobile-Friendly Test Tool
Kabar baiknya, Google telah menyediakan tool untuk membantu para webmster yang ingin mengecek situs yang dikelolanya apakah sudah Mobile-Friendly atau belum. Tool yang saya maksud adalah Mobile-Friendly Test Tool.

Cara menggunakan Mobile-Friendly Test Tool dari Google tersebut sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

  1. Silahkan Anda kunjungi Mobile-Friendly Test Tool.
  2. Masukkan link situs web / blog pada kolom yang sudah disediakan.
  3. Klik tombol Analyze dan tunggu beberapa detik hingga proses peninjauan selesai.
  4. Lihat hasilnya apakah situs Anda sudah dianggap mobile-friendly atau belum.

Untuk pengguna template default dari Blogger, khususnya yang minimalis, saran saya tidak perlu melakukan pengecekan, karena hasilnya sudah pasti mobile-friendly.


 

2. Cek Mobile Usability Report pada Webmaster Tool

bacaaku.com
Jujur saya baru tahu fungsi dari tool Mobile Usability Report pada Google Webmaster Tool setelah saya cari di Google, karena selamana ini ketika fitur tersbut saya klik, tidak ada report atau hasil apaun, hanya halaman blank berwarna putih.

Saya kurang tahu pasti apa penyebabnya, namun jika Anda ingin mencoba menggunakan fitur tersebut, silahkan ikuti panduannya berikut ini.

  1. Log in ke akun Google Webmaster Tool Anda.
  2. Pilih blog yang ingin Anda cek.
  3. Masuk ke menu Search Traffic.
  4. Klik pada sub-menu Mobile Usability.

Di halaman tersebut (seharusnya) akan ada report mengenai hal-hal apa saja yang harus Anda perbaiki untuk meningkatkan pengalaman yang baik pada pengguna Mobile, misal content not sized to viewport, flash usage dan masih banyak lagi lainnya, lebih jelasnya silahkan Anda cek sendiri.


 

3. Cek Kecepatan Situs Blog di PageSpeed Insights

Google PageSpeed Insights
Lagi-lagi kita akan menggunakan produk dari Google untuk mengecek sekali lagi memastikan bahwa blog yang Anda kelola benar-benar sudah mobile-friendly dan siap untuk menghadapai algoritma Mobilegeddon.

BacaAku:   Cara Memudah Memasang Fans Page Pada Blog

Cara penggunaan Google PageSpeed Insights tidak jauh berbeda dengan Google Mobile-Friendly Test Tool.

  1. Buka halaman PageSpeed Insights.
  2. Masukkan alamat / url situs blog Anda.
  3. Klik Analyze untuk memulai proses scanning blog.
  4. Perhatikan pada hasil User Experience.

Pastikan hasil User Experince template mobile pada blog Anda mendapatkan skor diatas 90 atau syukur-syukur bisa 100. Karena jika dibawah itu, maka blog tersebut bisa dianggap sebagai blog yang tidak mobile-friendly oleh Google dan bukan tidak mungkin ketika nanti peluncuran perdana dari algoritma Mobilegeddon, blog Anda mengalami penurunan peringkat.

Bukan bermaksud menakut-nakuti, karena saya sendiri juga tidak tahu pasti akan hal tersebut, yangmana ini semua hanyalah sebuah prediksi, tetapi bukankah lebih baik jika kita mengantisipasi.

Saya pribadi tidak ingin menantang siapapun atau dalam hal ini adalah Google, jadi mari kita ikut aturannya selama itu masih masuk akal dan mungkin untuk dilakukan.

Cara Mudah Cek Blog Mobile Friendly atau Belum
Pilih Kategori