php hit counter
Atasi Ketombe Kamu Tanpa Harus Keluar Banyak Uang
Atasi Ketombe Kamu Tanpa Harus Keluar Banyak Uang/ Original Source: Sooperboy

Ketombe memang menyebalkan, tetapi lebih menyebalkan lagi kalau ketombe parah ketika di akhir bulan. Terutama untuk yang sedang nge-kos dan jauh dari rumah. Ingin mencari obat menghilangkan ketombe, tapi kantong kempes. Mau pinjam uang teman demi membeli sampo anti ketombe, nanti ditagih tiap hari.

Penghilang ketombe itu tidak harus mahal. Bahkan mungkin bisa didapatkan secara gratis karena ada di lingkungan sekitar. Apa saja? Ketahui bahan-bahan penghilang ketombe di bawah ini.

1. Masker Jeruk Nipis

Segera starter motor dan pergi ke pasar. Cukup dengan uang Rp 2000 perak saja bisa membasmi ketombe dengan membeli beberapa jeruk nipis. Kemudian balurkan cairan jeruk nipis di kulit kepala. Jangan lupa untuk memberikan pijatan-pijatan lembut dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu bilas rambut dengan menggunakan shampo anti ketombe biar makin segar.

2. Masker Bawang Merah

Tips menghilangkan ketombe berikutnya tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam adalah dengan bawang merah yang bisa didapatkan dengan meminta kepada ibu kos atau teman. Hancurkan bawang merah dan tambahkan sedikit madu asli. Kemudian balurkan pada rambut hingga merata dan diamkan beberapa menit. Setelah itu, bilas rambut dengan sampo hingga bersih.

3. Sejumput Garam

Sebelum melakukan perawatan rambut untuk mengatasi ketombe, ambil garam terlebih dahulu, yang biasanya selalu tersedia di dapur kos-kosan, entah milik siapa. Balurkan garam pada rambut basah, kemudian diamkan selama beberapa saat. Terakhir, tentu saja, bilas rambut dengan shampo untuk membersihkan butiran garam dari helai-helai rambut.

4. Masker Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya juga bisa menjadi obat ketombe paling ampuh, lho. Kalau kebetulan di sekitar lingkungan tempat tinggal ada yang menanam lidah buaya, minta dan ambil sedikit potongan kemudian balurkan bagian dagingnya secara merata pada rambut. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan sampo hingga bersih.

BacaAku:   Fakta Menarik Penyebab Deja vu

5. Cuka Apel

Cuka apel ternyata juga manjur menghilangkan ketombe. Selain itu, membuatnya pun juga mudah. Cukup mencampurkan cuka apel dengan air, kemudian balurkan ramuan tersebut pada rambut secara merata dan diusap-usap. Setelah itu, bilas dengan shampo dan air hingga bersih.

6. Baking Soda

Cara murah menghilangkan ketombe lainnya adalah dengan menggunakan baking soda. Ya, bahan pembuat kue ini ternyata juga ampuh sebagai obat pembasmi ketombe. Campurkan baking soda dengan sampo, kemudian gunakan untuk membilas rambut. Setelah itu cuci bersih dengan air.

7. Lemon

Lemon juga berguna sebagai obat ketombe. Sama seperti jeruk nipis, peras lemon hingga mendapatkan sarinya. Kemudian air perasan tersebut dicampur dengan air. Balurkan ramuan tersebut secara merata di rambut dan kulit kepala, dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, bila dengan menggunakan shampo hingga bersih.

8. Sari Daun Pandan

Satu lagi rahasia alam terungkap. Daun pandan ternyata juga ampuh untuk mengatasi ketombe. Daun pandan mudah ditemui di lingkungan-lingkungan. Jadi, minta saja beberapa helai daun pandan kepada tetangga yang menanamnya. Haluskan daun pandan dengan cara ditumbuk dan ambil sarinya. Campurkan perasan daun pandan dengan segelas air, dan gunakan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Setelah didiamkan selama 15 menit, bilas dengan air hingga bersih.

9. Buah Mengkudu

Ingin yang lebih ekstrim namun murah meriah? Pakai buah mengkudu sebagai obat ketombe. Petik 203 buah mengkudu yang bisa didapatkan di lingkungan sekitar. Kemudian haluskan dan campur dengan air untuk diperas dan mendapatkan sarinya. Bersiaplah untuk aroma yang sedikit menyengat. Kemudian gunakanlah air mengkudu untuk keramas dan diamkan selama lima menit. Bilas dengan air, kemudian bilas kembali dengan memakai sampo. Lakukan secara rutin, seminggu sekali.

BacaAku:   Rahasia di Balik BIR Yang Harus Anda Tau

10. Sinar Matahari

Ingin mengatasi ketombe tanpa repot-repot dan mengeluarkan biaya? Sinar matahari pagi ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat ketombe terbaik. Karena penyebab ketombe adalah kulit kepala yang lembap, sinar matahari pagi akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih di area tersebut. Jadi, berjemur langsung di bawah sinar matahari. Lakukan sebelum pukul 9 pagi selama 15 hingga 20 menit. Dijamin ketombe tidak akan mampir lagi.

Menghilangkan ketombe itu mudah, bahkan tidak perlu sampai mengeluarkan biaya mahal-mahal untuk hair treatment di salon. Jangan lupa untuk memberikan perawatan alami dan anti-mahal ini secara rutin supaya terbebas dari ketombe.

Atasi Ketombe Kamu Tanpa Harus Keluar Banyak Uang
Pilih Kategori