php hit counter
Alasan Sederhana Mengapa Bumi Ini Harus Berotasi | Rotasi Bumi (foto:Learner)
Alasan Sederhana Mengapa Bumi Ini Harus Berotasi | Rotasi Bumi (foto:Learner)

Alasan Sederhana Mengapa Bumi Ini Harus Berotasi-Gerakan rotasi bumi menyebabkan datangnya siang dan malam. Hampir setiap hari globe yang dihuni manusia ini melakukan gerakan rotasi, namun tahukah Anda alasan Bumi melakukannya?

Setiap world dalam tata surya memiliki gerakan rotasi yang unik. Merkurius misalnya, membutuhkan waktu 59 hari untuk berputar 360 derajat. Lain lagi dengan Venus yang membutuhkan waktu 243 hari untuk berotasi.

BacaAku:   Percayakah Anda Bahwa Dinosaurus Lebih Tua Ketimbang Cincin Saturnus

Jadi apa yang menyebabkan para planet berputar? Untuk memahaminya, mari kembali ke masa lima miliar tahun lalu. Pada masa itu, tata surya hanya berisikan debu dan gas. Lalu terjadilah supernova yang menyebabkan matahari terletak di tengah tata surya. Pecahan debu dan gas berserakan membentuk entire world, bulan, asteroid, dan komet.

Setelah ledakan supernova, planet-planet baru tersebut saling bertabrakan satu sama lain. Peristiwa tabrakan itu membuat setiap world masing-masing memiliki bulan.

World Bumi sendiri bertabrakan dengan sangat keras dengan Mars, hal inilah yang menyebabkan terbentuknya bulan. Tabrakan ini juga membuat Bumi akhirnya berputar lebih cepat dari masa sekarang. Pada masa itu, diperkirakan, satu hari hanya berlangsung enam jam.

Terbentuknya bulan sebagai objek langit yang terdekat dengan Bumi membuat gerakan rotasi melambat. Hal ini disebabkan gravitasi dalam Bulan itu sendiri oleh. Demikian seperti dikutip dari NASA, Minggu (8/5/2016).

[the_ad id=”1387″]

Alasan Sederhana Mengapa Bumi Ini Harus Berotasi
Tagged on:             
Pilih Kategori