php hit counter
Alasan Mengapa Snapchat Dapat Begitu Cepat Melesat ke Puncak Popularitas Aplikasi Smartphone
Alasan Mengapa Snapchat Dapat Begitu Cepat Melesat ke Puncak Popularitas Aplikasi Smartphone

BacaAku.com-Snapchat kini menjadi salah satu ‘primadona’ baru di dunia social media. Tidak sedikit orang awam hingga selebriti yang keranjingan aplikasi berbasis gambar bergerak alias video ini.

Social media ciptaan mahasiswa Stanford University ini pertamakali rilis pada 2011. Namun fenomenanya baru ramai di pertengahan 2015 lalu. Selebriti seperti Kim Kardashian hingga Chrissy Teigen pun aktif menggunakan Snapchat, begitu juga dengan jutaan pengguna lainnya.

Hingga Mei 2015, terhitung sudah 2 milyar foto dan video yang diunggah pengguna aplikasi Snapchat. Sementara Snapchat Stories-nya mencapai 500 juta view setiap harinya. Jumlah itu terus bertambah, dan di 2016 ini total sudah mencapai 7 milyar view dalam sehari.

Kenapa fenomena Snapchat begitu ramai dan terus saja bertambah penggemar maupun penggunanya? Ada sensasi rasa ‘bahagia’ ketika menggunakan aplikasi dengan logo hantu berwarna putih dan berlatar belakang kuning ini.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam jurnal Information, Communication & Society, ada satu aplikasi social media yang bisa membuat penggunanya lebih bahagia. Bukan Facebook, Twitter, Path, Instagram atau Skype. Melainkan Snapchat.

Studi melibatkan 154 pengguna smartphone sebagai partisipan. Kondisi mental para partisipan dianalisa berdasarkan teks yang mereka tulis di social media dalam waktu yang tidak ditentukan selama sehari penuh, dalam periode dua minggu.

Interaksi yang didapat dari pesan teks juga dianalisa. Apakah muatan pesan menimbulkan interaksi dan juga mood yang positif pada pengguna.

Setelah menganalisa, para peneliti dari University of Michigan itu menemukan bahwa ketika partisipan berinteraksi lewat Snapchat, mood mereka lebih bahagia. Tingkat kebahagiaan meningkat setelah berinteraksi dengan Snapchat selama 10 detik, ketimbang ketika mereka ber-social media lewat Facebook, Path atau Twitter.

BacaAku:   Aplikasi Fashion Untuk Smartphone Android

Terlebih lagi, kebanyakan orang akan memberi perhatian lebih ketika melihat pesan di video Snapchat. Dari hasil analisa juga diketahui bahwa responden melihat Snapchat bukan sebagai media untuk pamer foto atau video melainkan tempat untuk berbagi momen-momen spontan secara jujur dan apa adanya.

Snapchat merupakan aplikasi pesan mobile, dimana pengguna dapat saling berkirim video dan foto yang akan terhapus secara otomatis setelah 10 detik. Pesan dan video juga dapat lebih menarik dengan menambahkan teks.

Alasan Mengapa Snapchat Dapat Begitu Cepat Melesat ke Puncak Popularitas Aplikasi Smartphone
Pilih Kategori