php hit counter
Alasan Logis Mengapa Drone Tidak Boleh Diterbangkan di Area Bandara
Alasan Logis Mengapa Drone Tidak Boleh Diterbangkan di Area Bandara

Alasan Logis Mengapa Drone Tidak Boleh Diterbangkan di Area Bandara-Pesawat tanpa awak atau drone dilarang terbang ketika berada di area penerbangan serta lokasi essential layaknya area militer. Larangan ini amat beralasan. Utamanya, drone menghasilkan menganggu kegiatan penerbangan lalu berujung pada munculnya risiko kecelakaan udara. Kabar terbaik ditemukan ada pesawat jingle yang melayang untuk memotret pesawat dari jarak dekat. Hal ini sangat berbahaya.

“Padahal sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No 1 tahun 2009 dan No 90 tahun 2015 tentang penggunaan drone, area bandara bebas drone. Tapi sayangnya pengguna drone belum banyak yang tahu aturan itu,” kata Kadis Ops Lanud Adisutjipto, Kol Pnb Bonang Bayuaji G, seperti dikutip Okezone dari laman Krjogja.

Drone yang memotret pesawat dari jarak dekat itu terjadi pada Desember 2015. Kejadian ini sempat membuat viral di dunia penerbangan. Dikabarkan, drone tersebut melayang dan terbang dari jembatan laying Janti, Yogyakarta. Lalu, drone terbang tinggi mendekati jalur penerbangan agar dapat memotret pesawat. Risiko tindakan ini adalah drone bisa masuk ke mesin atau baling-baling, lantas membahayakan keselamatan penumpang.

“Jika itu sampai terjadi, warga sekitar juga akan terkena dampaknya,” ujar Bonang.

Pelarangan drone di sekitar bandara juga dipicu oleh kemungkinan adanya agenda spionase atau mata-mata. Selain itu, drone dengan ukuran tertentu bisa disematkan bahan peledak dan berbahaya lainnya yang bisa mengancam nyawa.

“Tapi juga bisa untuk mata-mata. Itu kekhawatiran kami. Jadi area bandara dan tempat-tempat vital harus bebas drone,” tuturnya.

Menerbangkan drone tidak boleh terlalu tinggi karena ada aturannya. Tinggi tidak melebihi 500 kali atau sekira 150 meter. Di samping itu perlu memiiki tempat yang aman saat menerbangkannya. Diperlukan izin tertentu jika ingin menerbangkan drone di batasan ketinggian dan wilayah tertentu dari Dinas Perhubungan, Lanud, dan area militer.

BacaAku:   Mitos dan Teori Ilmiah Terjadinya Gerhana Matahari

“Pengajuan izin nominal 14 hari sebelum dioperasikan. Kami akan terus lakukan sosialisasi. Kemudian penggemar drone sebaiknya ikut komunitas agar tahu aturannya,” kata Bonang.

Alasan Logis Mengapa Drone Tidak Boleh Diterbangkan di Area Bandara
Pilih Kategori